Sukses

Daftar 10 Orang Terkaya Dunia 2018, Siapa Jawaranya?

Total, Forbes mengidentifikasi ada sebanyak 2.208 miliarder yang berasal dari 72 negara dan teritori di tahun 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Majalah bisnis asal Amerika Serikat (AS) Forbes kembali merilis daftar orang terkaya dunia untuk tahun 2018. Di tahun ini, ada perubahan posisi di peringkat 10 besar miliarder terkaya.

Total, Forbes mengidentifikasi ada sebanyak 2.208 miliarder yang berasal dari 72 negara dan wilayah. Mereka semua memiliki dan mengendalikan harta sebesar US$ 9,1 triliun.

Jumlah miliarder terkaya ini pun meningkat dibanding 2017. Sebelumnya, jumlah total miliarder dunia hanya ada 2.043 orang.

Untuk diketahui, untuk bisa masuk dalam daftar orang kaya dunia versi Forbes ini, seseorang harus memiliki harga lebih dari US$ 1 miliar atau kurang lebih Rp 13,75 triliun.

Amerika Serikat (AS) masih menjadi rumah dari sebagian besar miliarder dunia. Ada 585 orang miliarder yang bermukim di sini. Mengekor di belakangnya adalah China dengan 373 orang miliarder.

Berikut daftar terbaru 10 miliarder terkaya dunia tahun 2018 dilansir dari Forbes, Rabu (7/3/2018):

 

10. Larry Ellison

Harta kekayaan miliarder: US$ 58,5 miliar

Larry Ellison mendirikan Oracle pada 1977 untuk membantu perusahaan mengontrol database konsumennya. Ia turun dari jabatannya sebagai CEO Oracle di tahun 2014 namun tetap berperan di perusahaan sebagai Chairman dan Chief Technology Officer (CTO).

9. David Koch

Harta kekayaan miliarder: US$ 60 miliar

Bersama dengan saudaranya, David Koch merupakan pemilik dan pemegang saham utama dari Koch Industries. Perusahaan yang dipimpinnya merupakan perusahaan swasta terbesar kedua di Amerika Serikat.

David Koch juga dikenal sebagai filantropis dan pernah mendonasikan sebagian hartanya ke New York Lincoln Center dan Pusat Penanganan Kanker Memorial Sloan Kettering.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

8. Charles Koch

Harta kekayaan miliarder: US$ 60 miliar

Charles Koch telah menjadi CEO dari Koch Industries sejak tahun 1967. Perusahaan yang dipimpinnya merupakan perusahaan swasta terbesar kedua di Amerika Serikat.

Konglomerat ini mengontrol pendapatan US$ 100 miliar dari berbagai lini bisnis Koch Industries.

7. Carlos Slim Helu

Harta kekayaan miliarder: US$ 67,1 miliar

Orang terkaya Meksiko, Carlos Slim Helu, merupakan pemilik dari persahaan America Movil. Perusahaan miliknya merupakan firma telekomunikasi terbesar di Amerika Latin.

Carlos Slim Helu juga memiliki saham di perusahaan kontraktor Meksiko, ritel, pertambangan dan real estate. Di bidang media, pengusaha asal Meksiko ini adalah pemilik 17 perseh saham dari The New York Times.

 

 

3 dari 6 halaman

6. Amancio Ortega

Harta kekayaan miliarder: US$ 70 miliar

Amancio Ortega merupakan salah satu orang terkaya asal Eropa. Sebagian besar kekayaannya dihasilkan dari perusahaan ritel Inditex yang membawahi beberapa merek ritel terkenal seperti Zara, Massimo Dutti hingga Pull and Bear.

5. Mark Zuckerberg

Harta kekayaan miliarder: US$ 71 miliar

Harta kekayaan Mark Zuckerberg meroket selama satu tahun terakhir berkat saham perusahaan media sosialnya yang terus menanjak. Mark Zuckerberg merupakan CEO dan pendiri dari Facebook. Ia mendirikan perusahaan tersebut saat masih berstatus sebagai mahasiswa Harvard di tahun 2004.

 

 

4 dari 6 halaman

4. Bernald Arnault

Harta kekayaan miliarder: US$ 72 miliar

Bernald Arnault merupakan pemilik dari 70 perusahaan merek mewah seperti Louis Vuitton dan Sephora. Di bawah perusahaan induk LVMH miliknya, tahun lalu ia membeli perusahaan Christian Dior yang kemudian membantu mengerek kekayaannya sebanyak US$ 30,5 miliar dalam setahun.

3. Warren Buffett

Harta kekayaan miliarder: US$ 84 miliar

Dijuluki 'Oracle of Omaha', Warren Buffett merupakan investor terkaya dan tersukses di dunia. Ia juga merupakan pendiri dari Berkshire Hathaway yang merupaka perusahaan induk dari 60 perusahaan lain seperti Geico dan Dairy Queen.

 

 

5 dari 6 halaman

2. Bill Gates

Harta kekayaan miliarder: US$ 90 miliar

Kekayaan Bill Gates dihasilkan dari kepemilikan sahamnya di Microsoft. Meski demikian, pria berkaca mata ini sudah memutuskan untuk memberikan atau menjual sebagian besar sahamnya di Microsoft. Ia kini hanya memiliki 1 persen saham Microsoft serta berinvestasi di saham dan aset lainnya.

Bersama istrinya, Melinda Gates, Bill mendirikan Bill & Melinda Gates Foundation yang merupakan yayasan amal terbesar di dunia.

6 dari 6 halaman

1. Jeff Bezos

Harta kekayaan miliarder: US$ 112 miliar

Jeff Bezos merupakan miliarder pertama yang mampu mencetak kekayaan di atas US$ 100 miliar. Sebagian besar kekayaannya dihasilkan dari 16 persen saham di perusahaan e-commerce Amazon yang ia dirikan di tahun 1994.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini