Sukses

Terungkap, Ini Jenis Profesi yang Lagi Banyak Dicari di Asia

Liputan6.com, Jakarta - Anda sedang mencari pekerjaan? Asia bisa menjadi salah satu wilayah tujuan. Perusahaan yang berbasis di Asia dilaporkan sedang membuka lowongan pekerjaan dalam jumlah besar. Hal ini diungkap dari hasil riset perusahaan rekrutmen Hays.

Survei yang dilakukan Hays mengatakan, setidaknya ada enam jenis profesi yang sedang banyak membutuhkan sumber daya manusia berkualitas. Enam profesi tersebut yakni adalah akuntansi dan keuangan, teknik, IT, pemasaran, operasional dan sales.

Perusahaan yang bergerak di Asia banyak yang mengaku sedang kekurangan pegawai berkulitas untuk mengisi posisi tersebut. Dilansir dari CNBC, Sabtu (10/2/2018), perusahaan bahkan rela memberi upah dalam jumlah besar demi mendapat pegawai yang cocok dengan kriteria yang dimiliki.

Survei yang diberi nama Hays' 2018 Asia Salary Guide itu dilakukan dengan meminta pendapat dari tiga ribu perusahaan yang bergerak di 15 industri berbeda. 60 persen dari perusahaan yang di survei tertarik untuk menarik pegawai dari luar negeri.

Laporan itu juga menyebut bahwa permintaan SDM dari masing-masing industri berbeda. Namun jenis profesi yang paling banyak dicari di tiap industri adalah sales.

Untuk rekrutmen di level pemula misalnya, sales membutuhkan 20 persen pegawai baru. Sementara IT dan akuntansi berada di peringkat 2 dan 3 dengan masing-masing memiliki presentase 18 dan 17 persen.

Meski sedang sulit mencari SDM berkualitas, perusahaan yang ikut dalam survei ini mengungkap mereka yakin bisa menemukan kandidat yang cocok. Sebanyak 66 persen responden dalam survei percaya kandidat yang cocok bisa didapatkan dalam waktu 12 bulan ke depan.

Artikel Selanjutnya
Soetrisno Bachir Ajak Generasi Muda Berwirausaha untuk Mewujudkan Kesejahteraan Nasional
Artikel Selanjutnya
Jerman Buka Banyak Lowongan Kerja Sektor TI, Tapi...