Sukses

AS Berkomitmen Wujudkan Harga Listrik Terjangkau di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Amerika Serikat (AS) berkomitmen mendukung Pemerintah Indonesia untuk mewujudkan ketahanan energi berkeadilan, khususnya pada bidang kelistrikan dengan harga yang terjangkau bagi masyarakat Indonesia.

Komitmen tersebut disampaikan Duta Besar AS untuk Indonesia Joseph R Donovan dalam acara US -Indonesia Energy Day.

Donovan mengatakan, 36 perusahaan dan lembaga AS dibidang energi khususnya ketenagalistrikan hadir dalam acara tersebut, untuk memberikan solusi dalam mewujudan listrik yang terjangkau ‎bagi masyarakat Indonesia.

"Saya kira ada 36 perusahaan dari Amerika Serikat dan agency dari Amerika Serikat ini menunjukan bahwa perusahaan Amerika Serikat ini sangat bersemangat memiliki kemampuan di bidang inovasi, keefektifan biaya dan juga untuk mewujudkan solusi," kata Donovan, di Kantor Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Jakarta, Kamis (18/1/2018).

Donovan melanjutkan, untuk menumbuhan perekonomian membutuhan energi yang aman, berkelanjutan dan terjangkau. Melalui forum tersebut, AS akan melakukan sejumlah kesepakatan komersial untuk mendorong investasi pada bidang energi di Indonesia.

"Teknoloi dan inovasi merupakan keunggulan perusahaan AS, di sini kita memiliki dibidang seperti transmisi, pembangkit mikro, penyimpan teknologi skala utilitas," paparnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

1 dari 2 halaman

Energi Berkeadilan

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar menyatakan, Pemerintah Indonesia menyambut baik kemitraan dengan AS‎ khususnya kerjasama pada bidang energi, hal ini dapat mewujudan cita-cita energi berkeadilan.

Menurut Arcandra, energi berkeadilan tidak akan tercapai jika dilakukan pemerintah saja, AS memberikan beberapa tawaran, diantaranya inovasi, teknologi, investasi, pendanaan dan transfer pengetahuan.

"Energi berkeadilan tidak akan tercapai kalau hanya mengandalkan apa yang ada diperintahan, karena itu Pemerintah Amerika Serikat lewat kegiatan ini bekerjasama dengan kita mendorong terciptanya energi yang terjangkau untukmasyarakat Indonesia," tutupnya.

Artikel Selanjutnya
Kementerian ESDM Lelang 25 Blok Migas di Februari 2018
Artikel Selanjutnya
Perusahaan Migas Kelas Dunia Incar Blok East Natuna