Sukses

Raih Konsesi 2 Ruas Tol Baru, Jasa Marga Bentuk Usaha Patungan

Liputan6.com, Jakarta - PT Jasa Marga Tbk (JSMR) membentuk perusahaan patungan yang bergerak di jasa dan industri jalan tol. Ini seiring perseroan mendapatkan dua konsesi ruas tol baru.

Mengutip keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), seperti ditulis Jumat (5/1/2018), perseroan melakukan penyertaan saham pada suatu perusahaan patungan PT Jasamarga Probolinggo Banyuwangi.

Pihaknya melakukan penyertaan saham Rp 32,45 miliar, atau sebanyak 32.450 lembar saham, atau sebesar 55 persen dari jumlah modal yang ditempatkan dan disetor dalam PT Jasamarga Probolinggo Banyuwangi.

Selain PT Jasa Marga Tbk, ada PT Waskita Toll Road dan PT Brantas Abipraya dalam perusahaan patungan PT Jasamarga Probolinggo Banyuwangi.

PT Jasa Marga Tbk juga melakukan penyertaan saham di PT Jasamarga Japek Selatan. Perseroan melakukan penyertaan saham pada PT Jasamarga Japek Selatan sebesar Rp 32 miliar atau sebanyak 32.000 lembar saham. Jumlah itu sebesar 80 persen dari jumlah modal yang ditempatkan dan disetor dalam PT Jasamarga Japek Selatan. Perseroan bersama PT Wira Nusantara Bumi dalam perusahaan patungan tersebut.

PT Jasa Marga Tbk menyatakan mendirikan suatu badan usaha yang bergerak di bidang jasa atau industri jalan tol Jakarta-Cikampek II Selatan serta jalan tol Probolinggo-Banyuwangi yang meliputi pembangunan, pengoperasian, dan pemeliharaan jalan tol, serta usaha-usaha lainnya sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

"Dengan dibentuknya perusahaan patungan akan memberikan dampak menambah jumlah hak pengusahaan jalan tol perseroan dan meningkatkan pangsa pasar perseroan dalam hal pengembangan dan pengoperasian jalan tol di Indonesia," ujar Direktur Utama PT Jasa Marga Tbk Desi Aryani.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

1 dari 2 halaman

Jasa Marga Dapat Konsesi 2 Ruas Tol Baru

PT Jasa Marga (Persero) Tbk mendapatkan dua konsesi baru setelah ditetapkan sebagai pemenang lelang oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT). Dua proyek tol yang dimenangi tersebut adalah ruas Probolinggo-Banyuwangi dan Jakarta-Cikampek II Selatan.

Lelang proyek Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi sepanjang 172,91 kilometer (km) dimenangi oleh konsorsium perusahaan pelat merah yang terdiri atas PT Jasa Marga (Persero) Tbk, PT Waskita Toll Road, dan PT Brantas Abipraya (Persero) dengan nilai investasi sebesar Rp 23,4 triliun.

"Jalan tol yang tergabung ke dalam megaproyek Trans Jawa ini rencananya akan dioperasikan pada 2019," kata AVP Corporate Communication Jasa Marga Dwimawan Heru kepada wartawan, Kamis (4/1/2018).

Sedangkan untuk lelang proyek Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan sepanjang 64 km, dengan nilai investasi Rp 14,7 triliun dimenangi konsorsium PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan PT Wira Nusantara Bumi.

Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan yang merupakan inisiatif Jasa Marga ini diproyeksikan akan beroperasi pada tahun 2020. Jasa Marga juga sebelumnya telah memprakarsai jalan tol layang (elevated) Jakarta-Cikampek II yang tengah memasuki masa konstruksi.

Selain sebagai bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN) dan mendukung program pemerintah dalam pemerataan infrastruktur, kedua proyek ini dibangun untuk meningkatkan kelancaran distribusi barang dan jasa (logistik) serta meningkatkan konektivitas di Pulau Jawa.

Artikel Selanjutnya
Anak Usaha Waskita Kebut Proyek Tol Trans Jawa
Artikel Selanjutnya
Tol Solo-Ngawi Bakal Beroperasi pada Mudik Lebaran 2018