Sukses

Jelang Asian Games 2018, PLN Disjaya Perkuat Pasokan Listrik

PLN akan menyediakan 8 unit genset sewa dengan kapasitas 1250 kVa per unit sebagai pasokan tambahan.

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) tengah memperkuat pasokan listrik untuk menyukseskan ajang olah raga regional Asian Games 2018 yang akan berlangsung delapan bulan lagi.

General Manager PLN Disjaya Ikhsan Asaad mengatakan,‎ delapan bulan sebelum perhelatan Asian Games 2018, menjadi momen penting bagi PLN Distribusi Jakarta Raya untuk memperkuat pasokan listrik Jakarta.

Jumlah total dana yang diinvestasikan untuk penguatan pasokan listrik Asian Games 2018 mencapai Rp 71 miliar.

“PLN Disjaya siap menghadapi perhelatan Asian Games 2018 di Jakarta, seluruh infrastruktur kelistrikan yang menyediakan pasokan listrik utama maupun cadangan sudah mencapai 90 persen kemajuan persiapannya‎," kata Ikhsan, di Jakarta, Jumat (28/12/2017).

Upaya PLN Disjaya memperkuat pasokan listrik salah satunya adalah dengan melakukan penambahan daya terhadap Gardu Distribusi Senayan yang akan menjadi salah satu sumber pasokan listrik utama di beberapa venue Asian Games 2018, yaitu VIP Barat, VIP Timur, Gelora Bung Karno, Istora Senayan, Aquatic Venue, Tenis Indoor Senayan, dan Infrastruktur Kawasan.

"Penambahan daya tersebut saat ini sudah mencapai 5.540 kVA atau setara 5.540.000 VA dari target 8.000 kVA," paparnya.

Ikhsan melanjutkan, gardu tersebut juga sudah dilengkapi fasilitas Automatic Change Over (ACO) yang berfungsi untuk penggantian pasokan daya listrik secara otomatis jika pasokan utama mengalami gangguan, dengan setting kecepatan pemindahan otomatis 0.3 milli second.

Selain dari pasokan dari sistem kelistrikan, PLN akan menyediakan 8 unit genset sewa dengan kapasitas 1250 kVa per unit sebagai pasokan tambahan.

"Gardu Distribusi yang dayanya telah ditambah ini mendapat pasokan listrik utama dari Gardu Induk Senayan dan satu penyulang. Selain itu, Gardu Distribusi ini juga mendapat Pasokan Listrik Cadangan dari dua Gardu Induk lainnya dan tiga buah penyulang tambahan," tutup Ikhsan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.