Sukses

7 Trik yang Biar Hidup Terasa Lebih Mudah

Untuk menghindari stres akibat pekerjaan, berikut adalah trik agar hidupmu lebih mudah.

Liputan6.com, Jakarta - Banyaknya pikiran, kerjaan menumpuk, dikejar deadline, dan masih banyak lagi yang jadi beban dalam hidup. Hal-hal tersebut tak jarang membuat orang pusing hingga akhirnya stres. Kalau sudah stres, tentu Anda tidak akan bisa produktif seperti biasanya, bukan?

Semakin banyak pekerjaan yang Anda lakukan, semakin besar pula kemungkinan Anda kewalahan dalam menyelesaikannya. Apalagi kita tahu kalau kemampuan manusia sangatlah terbatas, jumlah tangan juga hanya dua sehingga tidak bisa untuk mengerjakan sesuatu dalam waktu bersamaan.

Pekerjaan yang dulunya terlihat menyenangkan kini terlihat semakin tak karuan. Alhasil, Anda cepat muak dan stres jika dihadapkan pada hal yang sama setiap harinya. Untuk menghindari stres akibat pekerjaan, berikut adalah trik agar hidupmu lebih simpel seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Memilah Mana yang Terpenting

Tugas kantor akan semakin bertambah dari hari ke hari. Untuk itu, Anda harus bisa memilah mana yang terpenting dari semua tugas tersebut. Kerjakan tugas yang menurut Anda paling mudah terlebih dahulu. Setelah itu, barulah beralih ke tugas yang lebih sulit.

Namun, banyak dari Anda yang lebih fokus pada tugas yang lebih sulit. Padahal, tugas yang sulit memakan banyak waktu dan menyita energi. Alhasil, tugas yang mudah tadi tidak dapat diselesaikan tepat waktu.

2. Tolak Jika Tidak Mampu

Banyak dari Anda yang terlalu mengiyakan semua pekerjaan yang ditawarkan bos demi mendapat pujian. Padahal, Anda tahu kalau pekerjaan sebelumnya belum diselesaikan. Banyaknya tugas yang Anda kerjakan membuat hidup semakin kacau.

Jika suatu hari si bos menawarkan pekerjaan, tolaklah jika merasa tidak mampu mengerjakannya. Hindarilah untuk menerima bentuk pekerjaan yang akan mengacaukan hidup Anda. Niat awal untuk mendapat pujian malah berubah menjadi stres yang tak berkesudahan. Ingat, hidup ini tak hanya sebatas pekerjaan karena Anda perlu menikmati hidup.

3. Cicil Tugas yang Diberikan

Inilah kebiasaan orang Indonesia yang sulit untuk diubah, yaitu suka menunda-nunda waktu. Jika Anda termasuk tipe yang demikian, berubahlah mulai dari sekarang. Seperti yang Anda tahu, tugas kantor selalu datang tanpa henti. Ketika tugas tersebut diberikan, langsung kerjakan. Cicillah pekerjaan sedikit demi sedikit agar tugas bisa selesai tepat waktu atau bahkan lebih cepat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Meditasi dan Olahraga

Jika selama ini waktu Anda hanya habis untuk bekerja, kini saatnya untuk melakukan kegiatan yang berbeda. Kegiatan tersebut adalah meditasi dan olahraga. Dua kegiatan ini sudah terbukti ampuh dapat mengurangi ketegangan.

Dengan begitu, Anda dapat terhindar dari yang namanya stres.Meditasi dan olahraga dapat dilakukan pada pagi atau sore hari. Pilihlah waktu yang tepat agar dua kegiatan ini dapat dilakukan secara rutin.

5. Rekreasi

Rekreasi merupakan cara yang paling ampuh untuk menghilangkan stres. Dengan pergi rekreasi, otak Anda bisa sedikit lebih rileks. Alhasil, Anda tidak mudah stres karena pekerjaan. Gunakan libur akhir pekan atau libur nasional Anda untuk pergi rekreasi bersama keluarga, rekan kerja, atau sahabat. Destinasi rekreasi tidak perlu terlalu jauh, cukup yang dekat dengan kota tempat tinggal.

3 dari 3 halaman

6. Mendengarkan Musik

Sadar atau tidak, mendengarkan musik dapat membuat Anda sedikit lebih rileks. Alunan musik yang merdu dengan nada melankolis akan membuat Anda terbawa suasana. Dampaknya, otak, tubuh, dan jiwa Anda merasa sedikit lebih tenang. Untuk menambah semangat dalam bekerja, tak ada salahnya jika Anda menghidupkan musik.

Jadikan musik sebagai teman Anda setiap kali bekerja. Ketika merasa bosan, berhentilah sejenak dan mulailah bernyanyi mengikuti alunan musik. Hal ini sangat simpel, tapi dapat membuat Anda lebih bahagia.

7. Delegasikan Tugas

Mendelegasikan tugas memang tidak mudah, apalagi bagi Anda si perfeksionis. Anda sangat sulit percaya kepada orang lain. Apalagi jika orang tersebut tidak terlalu ahli di bidang yang akan dikerjakan.Meskipun Anda perfeksionis, usahakanlah untuk mendelegasikan tugas setiap kali Anda merasa tidak mampu untuk menyelesaikannya sendiri. Cara ini sangat ampuh untuk merawat otak, tubuh, dan jiwa.

Jalani Hidup Simpel Mulai dari Sekarang

Manfaatkan setiap waktu yang berputar untuk hal-hal bermanfaat. Jika ini waktunya untuk bekerja, bekerjalah. Akan tetapi, berhentilah bekerja jika sudah pulang dari kantor. Jangan membawa masalah di kantor ke rumah karena ini akan membuat suasana semakin kacau. Kalau Anda bisa menjalani hidup simpel, mengapa harus membuatnya rumit?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.