Sukses

3 Strategi agar Raih Untung dari UKM

Beberapa cara dapat dilakukan untuk memulai bisnis UKM mulai dari hal kecil hingga besar.

Liputan6.com, Jakarta - Tak bisa ditolak lagi saat ini bisnis usaha kecil menengah atau disebut sebagai UKM menjadi salah satu bisnis yang paling populer. Persaingan yang semakin ketat dari masa ke masa membuat bisnis UKM menjadi salah satu tantangan besar bagi pengusaha yang baru merintisnya.

Banyak yang beranggapan hasil yang didapat dari bisnis UKM cukup bersaing dengan bisnis besar lainnya, apalagi hanya membutuhkan modal yang kecil untuk dapat memulainya.

Selain untuk mengejar target keuangan, bisnis UKM juga bisa dijadikan sebagai sarana pembelajaran yang menawarkan berbagai pengalaman menarik dan belum pernah didapatkan. Tak heran kalau banyak orang mulai terjun sebagai pengusaha bisnis UKM.

Banyak orang sudah menjadikan bisnis UKM sebagai investasi masa depan yang cukup baik. Dengan melakukan berbagai cara untuk memulai, bisnis UKM menjadi semakin populer dari tahun ke tahun dan populasinya semakin meningkat. Hal tersebut menjadi hal yang positif.

Sebab, semakin banyaknya pengusaha yang tumbuh, akan semakin maju sebuah negara, apalagi kalau usaha yang dijalani sukses dan memperoleh banyak keuntungan.

Karena pasar yang mulai ramai akan persaingan dan banyaknya produk-produk pesaing, Anda perlu memperhitungkan lebih jauh lagi mengenai perolehan keuntungan. Anda dapat memulai berbagai rangkaian strategi demi kelancaran menjalankan bisnis UKM. Semua bisa dicapai dengan perencanaan yang matang dan dapat diterapkan dengan mudah.

Beberapa cara dapat dilakukan untuk memulai bisnis UKM mulai dari hal kecil hingga besar. Jika Anda bingung apa strategi yang tepat untuk meningkatkan keuntungan bisnis UKM, berikut adalah sejumlah caranya, seperti dikutip dari www.cermati.com, Sabtu (4/11/2017):

1. Pemasaran Dua arah

Mendapatkan keuntungan yang lebih banyak lewat promosi memang menjadi salah satu jalan yang dapat ditempuh. Pemasaran dua arah jadi cara ampuh, mengingat saat ini pun zaman semakin berkembang dengan masifnya perkembangan dunia digital. Tentunya hal ini akan mempermudah Anda untuk melakukan pemasaran.

Ada dua cara yang bisa ditempuh untuk memasarkan bisnis yang Anda kelola dan keduanya pun bisa dilakukan secara bersamaan. Pertama adalah pemasaran secara konvensional dan yang kedua adalah pemasaran online. Cara kedua paling diminati karena membutuhkan modal kecil dan perolehan yang didapat cukup besar.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Promosi yang Tepat

2. Promosi yang Tepat

Banyak yang bilang melakukan promosi membutuhkan sebuah pengalaman. Namun, bukan berarti Anda yang masih pemula tidak dapat memulainya. Menarik minat publik agar bisnis UKM dapat dilihat memang bukan perkara mudah. Sebab, sudah menyangkut masalah minat masing-masing.

Anda dapat membuat minat orang berubah dan juga bisa membuat orang semakin meminati bisnis Anda. Lewat promosi yang tepat, Anda dapat melakukannya. Pilihlah sistem promosi dan rencana promosi yang sekiranya tepat untuk bisnis Anda. Jangan memaksakan agar nantinya Anda dapat dengan lepas menjalankannya.

3. Pelayanan Baik terhadap Pelanggan

Menjadi hal wajib yang harus dilakukan setiap pengusaha untuk memberikan pelayanan sebaik mungkin demi memuaskan pelanggan. Sebab, pembeli adalah raja. Tiap pelanggan memiliki nilai sendiri dari produk Anda yang nantinya akan berbuah sebagai hasil yang positif, bahkan bisa juga negatif.

Dengan memberikan pelayanan terbaik pada setiap pelanggan, nama bisnis UKM Anda akan semakin dikenal lewat mulut ke mulut. Hal tersebut adalah salah satu promosi gratis yang bisa didapatkan. Sudah ada banyak kasus yang menjadikan sarana mulut ke mulut sebagai promosi tepat untuk mendukung bisnis UKM.

Itu pun terbukti sukses. Kalau Anda ingin mengikuti jejak mereka, ada baiknya untuk selalu memberikan pelayanan terbaik setiap saat.

Meraih keuntungan besar lewat bisnis UKM adalah impian setiap orang. Selain memberikan peluang sebagai seorang pengusaha, Anda juga dapat merencanakan hal lain yang lebih besar ke depannya.

Keuntungan yang didapat dari bisnis UKM bisa menjadi modal dukungan yang paling baik untuk rencana Anda tersebut.

Sebuah investasi yang cukup menjanjikan akan berbuah manis nantinya. Walaupun pastinya banyak rintangan yang harus dihadapi terlebih dahulu, tetaplah berpegang kepada komitmen dan strategi yang telah Anda rencanakan sebelumnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.