Sukses

7 Bisnis yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga

Ada banyak ibu rumah tangga yang menjalankan bisnis kecil-kecilan untuk menambah penghasilan keluarga.

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki karier yang bagus dan cemerlang adalah impian semua orang, termasuk wanita. Banyak wanita yang mengidam-idamkan bekerja di salah satu perusahaan nasional bahkan internasional.

Selain bisa menghasilkan gaji belasan hingga puluhan juta rupiah per bulan, faktor bonus akhir tahun juga menjadi hal yang patut dipertimbangkan.

Seiring berjalannya waktu, perbedaan kedudukan antara pria dan wanita mulai hilang perlahan-lahan. Saat ini, pria dan wanita memiliki tanggung jawab yang sama, termasuk dalam urusan ekonomi dan menghasilkan uang.

Bagi yang masih berstatus sendiri alias single, memiliki karier yang cemerlang itu wajib hukumnya. Segala upaya dilakukan untuk bisa mendapatkan apa yang diinginkan.

Namun pada saat sudah berkeluarga, dilema akan muncul dan membuat diri pusing. “Apakah saya tetap bekerja meneruskan karir atau memilih untuk tinggal di rumah mengurus keluarga?” Pertanyaan ini kerap kali muncul di pikiran Anda.

Sangat disayangkan memang jika meninggalkan pekerjaan dan karier cemerlang yang telah didapatkan dengan susah payah. Namun apa boleh buat, menjadi seorang ibu rumah tangga yang baik juga tidak kalah pentingnya.

Banyak orang yang berpendapat bahwa ibu rumah tangga tidak bisa menghasilkan pundi-pundi uang. Hal ini 100 persen salah. Saat ini, ada banyak ibu rumah tangga yang menjalankan bisnis kecil-kecilan untuk menambah penghasilan keluarga.

Lantas, bisnis apakah yang cocok untuk ibu rumah tangga? Berikut ulasannya seperti dikutip dari Cermati.com, Minggu (11/6/2017):

1. Membuka Warung

Pekerjaan yang paling banyak dilakukan oleh ibu rumah tangga adalah membuka warung. Meskipun warung kecil-kecilan, tetapi keuntungan yang didapatkan bisa menambah uang belanja harian.

Manfaatkan pekarangan rumah Anda untuk membuka usaha ini. Jangan lupa untuk menyediakan berbagai macam kebutuhan sehari-hari seperti sabun cuci, bumbu masak, perabotan rumah tangga, makanan dan minuman ringan.

2. Bisnis Makanan

Bagi Anda yang hobi memasak, membuka bisnis makanan merupakan pilihan yang sangat tepat. Apalagi jika cita rasa dari masakan Anda bisa menggoyang lidah. Tawarkan hasil masakan itu kepada teman atau tetangga.

Tanyakan pada mereka bagaimana cita rasa makanan yang dibuat. Kalau tanggapannya positif, Anda bisa membuka warung makan untuk menambah penghasilan keluarga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bisnis Kerajinan

3. Bisnis Kerajinan

Berkreasi dengan bahan-bahan sederhana bisa dijadikan peluang usaha untuk menambah penghasilan keluarga. Gunakanlah waktu senggang Anda untuk menciptakan kerajinan tangan yang unik dan lucu.

Tentukan siapa yang menjadi sasaran pasar dari kerajinan yang dihasilkan. Apakah itu anak-anak, remaja, atau orang tua.

4. Menjalankan Bisnis Online

Banyak orang yang menjajal usaha di bisnis online, terutama kalangan mahasiswa. Waktu yang fleksibel menjadi alasan utama mengapa banyak orang menggeluti usaha yang satu ini.

Walaupun usaha ini banyak dikerjakan mahasiswa, namun tidak menutup kemungkinan jika ibu rumah tangga juga melakukan hal yang sama.

Anda bisa memasarkan produk online Anda pada beberapa situs online shop terpercaya seperti Lazada, Tokopedia, atau Bukalapak. Anda juga bisa memanfaatkan sosial media sebagai wadah untuk melakukan promosi.

3 dari 4 halaman

Membuka Les

5. Membuka Les Atau Privat

Jika memiliki prestasi akademik yang bagus di bangku sekolah dulu, Anda bisa memanfaatkan ilmu yang diperoleh untuk membuka les atau privat.

Selain berguna untuk mengingat kembali pelajaran dulu, usaha ini juga bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah yang lumayan. Tentukan siapa yang menjadi target Anda. Apakah anak TK, SD atau SMP.

6. Membuka Loket Pembayaran

Well, pekerjaan ini sangat mudah untuk dilakukan. Ada banyak jenis pembayaran yang bisa dibuka seperti menjual pulsa elektrik, pembayaran token listrik, telepon, pembayaran cicilan kendaraan bermotor, dan pembayaran tiket pesawat, bus, dan kereta api.

4 dari 4 halaman

Bisnis MUA

7. Membuka Bisnis MUA

Bisnis MUA alias Make Up Artist menjadi sangat populer dewasa ini. Pasalnya, semakin banyak orang yang menggeluti bisnis ini. Untuk menjadi seorang MUA, Anda perlu mempelajari teknik make up terlebih dahulu. Kalau punya hobi dandan, mempelajari hal ini bukan menjadi hal yang sulit, bukan?

Banyak media yang menyediakan tutorial make up seperti Youtube, Pinterest, dan video singkat di Instagram. Manfaatkan media informasi yang ada untuk menghasilkan make up yang memuaskan.

Dari beberapa contoh bisnis di atas, bisnis apakah yang menjadi favorit Anda? Pilihlah jenis bisnis berdasarkan passion agar lebih mudah untuk mengembangkannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.