Sukses

5 Hal yang Wajib Diketahui Saat Mau Beli Rumah

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar orang yang saat ini tidak punya rumah ketika ditanya kapan berencana akan membeli rumah, kebanyakan pasti menjawab ingin membelinya dalam lima atau sepuluh tahun ke depan.

Sebenarnya kapanpun Anda ingin membeli rumah, hal itu sangat tergantung pada Anda dan tujuan pribadi Anda. Yang pasti ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum benar-benar menjatuhkan pilihan ketika ingin membeli sebuah rumah.

Misalnya suku bunga KPR (Kredit Pemilikan Rumah) yang tidak menentu dan naik setiap tahun bisa menghentikan seseorang untuk membeli rumah. Harga rumah yang tadinya sudah cocok, karena mengalami kenaikan jadi membuat rencana mundur lagi untuk membelinya.

Jadi bagaimana caranya mengatasi hal tersebut dan apa saja yang perlu diketahui ketika ingin membeli rumah? Berikut ulasannya seperti dilansir Forbes:  

1. Pinjaman bank

Dapatkan persetujuan awal dari bank atau pemberi pinjaman sehingga Anda tahu berapa banyak yang mampu didapatkan.

Penting untuk diingat bahwa bank atau pemberi pinjaman memperhitungkan banyak faktor yang berbeda saat menentukan apa yang layak dilakukan oleh calon pembeli.

Jadi jangan pernah memulai pencarian berdasarkan dugaan, cari tahu dengan tepat rumah seperti apa yang mampu Anda beli. Kecuali jika Anda membayar semua dengan uang tunai, penjual tidak akan menerima tawaran tanpa surat persetujuan.

2. Uang muka (DP) ideal adalah 10 sampai 20 persen

Karenanya sebelum membeli rumah, Anda setidaknya sudah memiliki uang simpanan sebanyak 10 persen dari harga rumah yang ingin dibeli. Jadi Anda sudah bisa mempersiapkannya dengan menabung jauh hari saat akan membeli rumah.

3. Survei sebelum membeli rumah

Agar terhindar dari masalah di kemudian hari, ada baiknya untuk melakukan survei terlebih dulu sebelum memutuskan membeli rumah. Survei atau penelitian bisa menyangkut lokasi rumah, fasilitas umum dan survei beberapa bank yang bisa memberikan KPR.

Cari bank yang punya reputasi baik dan pertimbangkan bunga KPR yang diajukan oleh bank-bank tersebut. Banyak media yang bisa dilakukan untuk melakukan ini, manfaatkan internet dalam survei tersebut.

Sementara jika ingin melihat lokasi calon rumah yang ingin dibeli,  waktu terbaik yang bisa Anda lakukan adalah saat akhir pekan dan libur kerja.

Jarak dari rumah ke kantor



4. Lakukan perjalanan dari rumah yang ingin dibeli ke kantor

Salah satu alasan terbesar mengapa orang menjadi tidak senang dengan tempat tinggal mereka adalah ketika mereka menghabiskan lebih banyak waktu dari biasanya untuk pergi ke tempat kerja.

Cari tahu rute yang akan Anda ambil dan seberapa buruk lalu lintasnya. Ini mungkin tidak tampak seperti masalah besar pada saat itu, tapi cobalah dan pikirkan tentang masa depan Anda.

5. Cari tahu berapa lama Anda harus memiliki rumah pertama sebelum ingin menjualnya lagi

Sebenarnya item ini tidak begitu penting, namun Anda juga perlu tahu jika berniat ingin menjual rumah lagi besok hari atau tahun depan. Menurut sebuah survei, jika ingin menjual kembali rumah yang sudah dibeli, minimal Anda sudah memilikinya 2 tahun.

Sebab dalam kurun waktu tersebut, harga rumah juga dipastikan sudah naik dari harga pembelian sehingga Anda juga bisa mendapatkan keuntungan setelah menjualnya kembali.  ​



Loading