Sukses

Begini Cara Bikin Perusahaan Penasaran dengan CV Kamu

CV yang memikat dan surat lamaran menarik adalah modal yang harus dimiliki untuk mendapatkan pekerjaan idaman.

Liputan6.com, Jakarta - Membuat curriculum vitae (CV) atau resume adalah proses awal sebelum kamu melamar kerja, selain menulis surat lamaran. CV yang memikat dan surat lamaran menarik adalah modal yang harus dimiliki untuk mendapatkan pekerjaan idaman.

Resume yang kamu buat dapat menyempurnakan atau memperburuk lamaran kerja, bisa juga menjadi titik awal menuju karir yang akan menentukan bagaimana hidupmu berubah dari titik tersebut. Itulah mengapa membuat resume terkadang bisa menjadi tantangan yang menakutkan bagi sebagian pencari kerja.

Laman Forbes memberikan tips bagaimana agar resume yang kamu buat bisa dilirik perusahaan dan membuat rasa penasaran bagi yang membacanya, berikut ini beberapa caranya:

Tulis Resume yang Singkat dan Berisi

Salah satu cara untuk merusak resume adalah membuatnya terlalu panjang dan rumit untuk dibaca. Sementara resume terbaik bisa menonjol karena bahan-bahan dan presentasi singkat yang ditulis.

Resume yang ditulis umumnya juga bisa mencerminkan kepribadian penulisnya, misalnya penulisan singkat dan padat maka akan menunjukkan bahwa kamu bukan orang yang suka bertele-tele.

Memang tidak ada satu cara khusus bagaimana seharusnya menulis resume yang baik, tetapi beberapa hal ini bisa membantu apa saja yang seharusnya perlu kamu tulis:

1. Ide baru, inovasi dan perubahan yang pernah dilakukan dan menghasilkan sesuatu yang positif.

2. Bagaimana kamu bisa meningkatkan pendapatan utama perusahaan dan cara mengurangi jumlah anggaran keluar atau meningkatkan efisiensi bisnis.

3. Penghargaan khusus, gelar kehormatan atau pencapaian positif yang telah kamu peroleh.

4. Jenis pelatihan dan mentoring yang sudah diikuti.

Selalu Perbarui Profil di Situs Pencari Kerja Online Seperti LinkedIn

Melamar pekerjaan adalah suatu proses impersonal. Risikonya adalah kamu bersaing dengan para pencari kerja lainnya yang juga berusaha menjadi terbaik dalam membuat resume.

Selain melamar kerja secara langsung, di zaman canggih saat ini, beberapa perusahaan terkadang memilih calon karyawannya lewat situs pencari kerja online seperti LinkedIn. Usahakan selalu memperbarui profil LinkedIn yang kamu miliki.

Di sinilah profil LinkedIn berguna. Resume kamu di profil LinkedIn bisa berfungsi sebagai pembuka jalan ke perusahaan potensial. Karenanya tulis detail judul, nama, industri, dan perusahaan yang kamu cari serta pernah bekerja di mana.

Selain itu sebagai manfaat tambahan, dengan LinkedIn, kamu mendapatkan kesempatan untuk melihat siapa saja yang pernah mencarimu sehingga kamu pun bisa secara proaktif menindaklanjuti.

Memasarkan Diri Sendiri

Memasarkan Diri Sendiri

Sebagai pencari kerja maka kamu harus kreatif bagaimana caranya untuk memasarkan diri. Buatlah orang lain penasaran dan ingin tahu lebih dalam mengenai kamu serta timbulkan kesan bahwa kamu sebagai salah seorang yang bisa jadi panutan dengan kinerja yang telah dilakukan, bukan sebaliknya.

Pahamilah bahwa sebagai pencari kerja, kamu harus bisa memainkan tiga peran, yakni: sebagai produk, pemasar dan penjual. Misalnya sebagai sebuah produk, posisikan diri kepada audiens spesifik apa yang perlu kamu tawarkan atau saat di posisi sebagai pemasar dan penjual, usahakan bisa menonjolkan serta menunjukkan diri.

Bila berlanjut di tahap wawancara, buktikan bahwa apa yang kamu jual nantinya akan menghasilkan solusi yang diharapkan. Demikian pula dengan resume, kamu harus memiliki dua bagian: seperti berkomitmen akan membuktikan diri bisa memecahkan, atau memperbaiki sesuatu permasalahan yang sulit diatasi pada saat ini.

Misalnya, jika kamu merupakan seorang ahli gizi yang bergerak di produsen makanan dengan target penurunan berat badan, maka kamu akan berkata telah mengembangkan metode ilmiah untuk menurunkan berat badan tanpa berolahraga.

Sebuah headline dalam resume yang kamu buat tersebut pasti akan mendapatkan perhatian dan menarik orang untuk membaca, bahkan jika tidak ada lowongan pekerjaan pada saat itu.

Tunjukkan bahwa apa yang kamu tulis dan janjikan tersebut bisa kamu buktikan ke depannya sehingga akan menambah poin plus buatmu. Kesimpulannya, buatlah resume yang menonjol dan menarik perhatian bagi pembaca yang ditargetkan.​

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini