Sukses

Jokowi: Daerah Alami Perlambatan Ekonomi Perlu Dapat Perhatian

Presiden Jokowi meminta pemerintah pusat juga harus memperkuat koordinasi dan sinergi dengan pemerintah di daerah.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta program prioritas dan proyek strategis nasional yang telah dicanangkan pemerintah segera direalisasikan. Dengan demikian diharapkan dampak pertumbuhan ekonomi dari adanya proyek tersebut bisa dirasakan oleh masyarakat.

"Kita tahu pelaksanaan proyek strategis nasional dan program prioritas di berbagai pelosok tanah air terus dikerjakan tetapi juga harus kita kontrol, harus kita ajak, harus kita awasi di lapangan. Karena memang kuncinya berada pada eksekusi dan pada pengawasan," ujar dia di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (14/2/2017).

Dalam pelaksanaan proyek-proyek ini, lanjut Jokowi, dirinya meminta menteri dan kepala lembaga terkait melihat secara detil kemajuan proyek tersebut. Dengan demikian, pemerintah tahu apa saja kendala yang dihadapi untuk segera dicarikan solusi.

"Untuk itu saya minta menteri atau kepala lembaga harus melihat secara detil eksekusi dari program strategis nasional dan program prioritas di setiap provinsi. Apakah sudah berjalan sesuai dengan rencana, apakah ada hambatan atau kendala yang dihadapi. Karena semakin cepat kita menyelesaikan segala sumbatan yang ada di lapangan maka program itu akan semakin cepat dirasakan manfaatnya oleh rakyat," kata dia.

Dalam eksekusinya di lapangan, lanjut Jokowi, pemerintah di jajaran pusat harus memperkuat koordinasi dan sinergi dengan pemerintah di daerah. Karena bagaimana pun eksekusi proyek di lapangan juga ditentukan dari kesiapan di daerah.

"Selain itu juga saya minta diperkuat koordinasi sinergi dengan para gubernur sebagai wakil pemerintah pusat di daerah dan hal yang kedua saya ingin menekankan pada ratas (rapat terbatas) sore hari ini. Daerah-daerah yang mengalami perlambatan pertumbuhan ekonomi sebagai konsekuensi dari fluktuasi ekonomi global perlu mendapat perhatian dan dibantu oleh pemerintah pusat," ujar dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Pertumbuhan ekonomi adalah suatu keadaan di mana ekonomi mulai tumbuh dan mengalami perkembangan.

    Pertumbuhan Ekonomi

Video Terkini