Sukses

Riset: Ingat Mati Bisa Pacu Orang Jadi Lebih Sukses

Memacu semangat untuk menggapai kesuksesan ternyata bisa dilakukan dengan cara sederhana.

Liputan6.com, New York - Memacu semangat untuk menggapai kesuksesan ternyata bisa dilakukan dengan cara sederhana. Penelitian yang dilakukan di University of Arizona mengungkap, mengingat kematian bisa menjadi cara untuk menambah semangat untuk menggapai apa yang diinginkan.

Riset yang dipublikasikan dalam Journal of Sport and Exercise Psychology tersebut meneliti efek dari ingatan tentang kematian yang terdapat dalam Terror Management Theory. Kepala penelitian Uri Lifshin menjelaskan, konsep ini berbicara tentang mengapa manusia selalu berjuang untuk mencapai hal yang diinginkan.

Alam bawah sadar Anda mencoba untuk menemukan cara untuk mengalahkan kematian, untuk membuat kematian tidak masalah, dan solusinya adalah memperjuangkan harga diri.

"Harga diri ini memberi perasaan bahwa Anda adalah bagian dari sesuatu yang lebih besar, bahwa Anda memiliki kesempatan untuk keabadian dan hidup yang dijalani memiliki makna," terangnya seperti dilansir dari telegraph.co.uk, Selasa (22/11/2016).

Penelitian dilakukan kepada dua kelompok tim basket. Sebelum pertandingan dimulai, peneliti berbicara kepada satu tim basket mengenai apa yang mereka pikirkan tentang kematian. Sementara tim yang lain diberi pertanyaan seputar pertandingan yang ingin dihadapi.

Hasilnya, tim yang diberi kuisioner tentang kematian mampu menunjukkan kemampuan lebih baik dibanding tim lainnya. Peningkatan kemampuan mencapai 40 persen dari sebelumnya.

Wakil pimpinan riset Colin Zestcott menuturkan, hasil penelitian ini bisa menggambarkan keadaan yang sering dihadapi manusia. Diharapkan penelitian ini bisa memberikan implikasi di berbagai bidang seperti pekerjaan dan kehidupan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini