Sukses

5 Cara Hindari Mengantuk Saat Bekerja

Liputan6.com, Jakarta - Banyak hal yang bisa menghambat seseorang ketika bekerja. Rasa kantuk yang datang tiba-tiba sering menjadi salah satu pengganggunya.

Melakukan pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi yang lama seringkali sering membuat pekerja di kantor dilanda kantuk. Kalau sudah begini, pekerjaan pun dengan mudah terbengkalai dan produktivitas menjadi menurun.

Namun Anda tidak perlu khawatir, ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar rasa mengantuk ini bisa cepat hilang. Berikut lima caranya dilansir dari laman Lifehack.org, Kamis (6/10/2016)

1. Tidur siang

Daripada melawan rasa kantuk yang terus menyerang, Anda bisa menghilangkan rasa kantuk tersebut dengan tidur siang. Tiba-tiba merasa mengantuk bisa jadi merupakan sinyal bahwa Anda terlalu lelah dalam bekerja. Tidur siang selama beberapa menit dapat membantu Anda menghilangkan hal tersebut.

2. Mengerjakan pekerjaan lain

Anda juga bisa mencoba untuk mengerjakan pekerjaan lain saat merasa mengantuk. Hal ini bisa membuat badan Anda merasa lebih segar terlebih karena pekerjaan baru tersebut akan membuat pikiran leebih terbuka akan hal baru.

3. Menggerakkan badan

Cobalah untuk menggerakkan badan dengan melakukan stretching sederhana di meja kerja. Anda juga bisa berjalan keluar ruangan untuk menghirup udara luar sehingga pikiran bisa menjadi lebih segar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Hati-hati mengkonsumsi makanan

4. Hati-hati mengkonsumsi makanan

Beberapa makanan ternyata bisa membuat Anda mengantuk. Untuk itu mengontrol makanan yang Anda konsumsi sangatlah penting. Hindari juga untuk memakan makan siang terlalu banyak, hal ini juga bisa membuat pegawai merasa mengantuk saat harus kembali bekerja.

5. Minum kopi

Kopi dinilai sebagai satu cara ampuh untuk menghalau rasa kantuk. Kopi mengandung kafein yang dapat menstimulasi energi dan membuat peminumnya menjadi lebih bersemangat. Namun Anda tetap harus berhati-hati, mengkonsumsi kopi terlalu banyak juga tidak baik bagi kesehatan.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS