Sukses

IHSG Rawan Tekanan dari Tax Amnesty

Perdagangan saham kemarin IHSG ditutup susut 66,45 poin ke level 5.215,57.

Liputan6.com, Jakarta - Laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan masih penuh tekanan pada perdagangan saham hari ini.

Analis PT Reliance Securities Lanjar Nafi mengatakan, IHSG diperkirakan bergerak pada level support 5.175 dan resistance 5.280.

Perdagangan saham kemarin IHSG ditutup susut 66,45 poin ke level 5.215,57. "Sektor aneka industri dan properti terlihat menjadi penekan aksi jual," kata dia di Jakarta, Rabu (14/9/2016).

Lanjar mengatakan, investor asing mencatatkan aksi jual bersih Rp 378,09 miliar. Aksi jual disebabkan kekhawatiran investor mengenai keberhasilan Program Pengampunan Pajak (Tax Amnesty).

"Tebusan tax amnesty masih mencapai sebesar Rp 8,5 triliun hingga akhir pekan kemarin menjadi pemicu kekhawatiran investor terhadap keberhasilan program tax amnesty dalam menyerap capital inflow. Di mana baru mencapai 5,2 persen dari target pemerintah dan pemerintah belum menyiapkan regulasi lanjut untuk memperpanjang masa pelaksanaan program," jelas dia.

Sementara bursa Asia ditutup variatif. Pergerakan Bursa Asia dibayangi kebijakan global terkait pelonggaran moneter untuk mendorong perekonomian. Sementara, data ekonomi yang dirilis China cukup positif.

"Data ekonomi di China rilis cukup baik diantaranya data penjualan ritel dan industrial production yang tumbuh di atas ekspektasi," ujar dia.

PT HD Capital memperkirakan IHSG bergerak positif. IHSG akan bergerak pada support 5.210-5.080 dan resistance 5.330-5.410.

HD Capital merekomendasikan saham PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), PT Adaro Energy Tbk (ADRO), PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM), dan PT Waskita Karya Tbk (WIKA).(Amd/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham

  • IHSG