Sukses

Pokemon Go Bikin Saham Nintendo Melonjak 20 Persen

Liputan6.com, Tokyo - Saham Nintendo melonjak lebih dari 20 persen pada awal perdagangan di bursa Jepang. Kenaikan saham tersebut seiring ada harapan popularitas permainan baru Pokemen Go dapat meningkatkan kinerja perseroan.

Mengutip laman CNBC, Senin (11/7/2016), saham Nintendo naik 23,5 persen menjadi 20.085 yen atau sekitar US$ 199,32 per saham usai naik ke level 20.190 yen, dan level harga itu tertinggi sejak November.

Pokemon Go diluncurkan di Amerika Serikat (AS) pada pekan lalu. Aplikasi permainan gratis itu berada di posisi pertama di iTunes Store di AS. Permainan ini juga diluncurkan di Australia dan Selandia Baru, dan diharapkan diikuti kesuksesan di Jepang.

Permainan Pokemon Go tersebut merupakan permainan ketika pemain mencari dan menangkap karakter Pokemon dan melakukan pertemuan dengan Pokemon lain.

"Permainan ini melebihi dari yang kami harapkan. Sebagai pengguna menggunakan persediaan Pokemon mereka, menghabiskan uang untuk keperluan permainan tersebut. Pembelian di Australia tidak didorong oleh pemboros tetapi sejumlah besar pengguna," tulis dalam riset Macquarie Securities seperti ditulis Senin pekan ini.

Perseroan berjanji mengeluarkan empat permainan lagi pada tahun buku laporan keuangan Maret. Perseroan mengharapkan game mobile dapat membantu meningkatkan laba operasional hingga mencapai 45 miliar yen.

"Perusahaan memiliki aset tidak berwujud besar seperti karakter tetapi belum mencoba menggunakannya serius. Namun keberhasilan Pokemon Go menunjukkan perusahaan telah mendapat konten yang besar," ujar seorang manajer investasi di UK Asset Management Firm. (Ahm/Ndw)

 

*Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

Loading