Sukses

5 Tips Berhemat Saat Libur Panjang

Liputan6.com, Jakarta - Libur sekolah yang dibarengi libur lebaran tentunya sayang dilewatkan tanpa rekreasi bersama keluarga. Sayangnya, banyak orang yang tidak jadi berlibur karena takut uangnya akan habis.

Mengutip dari Telegraph, berikut beberapa cara berhemat pada saat liburan:.

1. Bawa makanan sendiri

Bepergian dengan keluarga, tentunya tidak lengkap tanpa adanya acara makan bersama. Di beberapa tempat liburan, makanan yang ditawarkan terlihat menarik dan nikmat. Sayangnya, bentuk makanan ini tidak sebanding dengan harganya.

Harga yang cukup mahal, ditambah jumlah anggota keluarga yang cukup banyak, tentunya memaksa Anda untuk merogoh kocek dalam-dalam.

Demi menghindari permasalahan ini, Anda dapat membawa makanan sendiri. Selain lebih murah, makanan yang dibuat sendiri tentunya lebih sehat dan kualitasnya terjamin.

2. Jangan gunakan kartu kredit

Pada saat berlibur, seringkali mata kita tertarik dengan banyak benda menarik, maupun oleh-oleh khas dari tempat wisata tersebut. Untuk mencegah kita menghamburkan uang, Anda harus meninggalkan kartu kredit Anda di rumah.

Kartu kredit seringkali digunakan untuk membeli barang-barang yang tidak berguna, terlebih pada saat liburan. Dengan menggunakan uang tunai, Anda akan menyadari bahwa uang yang Anda miliki terbatas, dan harus digunakan sebaik-baiknya.

2 dari 3 halaman

Transportasi umum

3. Gunakan transportasi umum

Liburan memang waktu yang tepat untuk mengakhiri lelah, sehingga duduk nyaman di kendaraan pribadi Anda tentunya menjadi suatu pilihan. Tetapi, jika dipikirkan kembali menggunakan kendaraan pribadi pada saat liburan akan menambah pengeluaran Anda.

Selain bahan bakar yang boros karena kemacetan, Anda juga harus membayar parkir di tempat wisata yang Anda kunjungi. Pililh transportasi umum yang tidak hanya murah, tetapi menarik, seperti delman atau kereta api.

4. Pilih tempat penginapan yang dekat tempat wisata

Sebelum memilih tempat menginap, Anda harus memilih tempat wisata mana yang ingin Anda kunjungi untuk berlibur. Setelah itu, pilih tempat menginap yang dekat dengan tempat wisata tersebut.

Memang tempat menginap seperti itu biasanya cukup mahal, tetapi jika Anda memilih lebih cermat, Anda dapat mendapatkan penginapan yang murah, seperti homestay.

3 dari 3 halaman

Daftar oleh-oleh

5. Buat daftar belanjaan oleh-oleh

Sebelum Anda pergi berlibur, Anda harus membuat anggaran seberapa besar uang yang akan Anda gunakan untuk liburan kali ini.

Jangan lupa untuk membuat daftar oleh-oleh yang akan Anda beli, dan siapa saja yang Anda akan berikan oleh-oleh. Daftar ini berguna untuk membatasi pengeluaran Anda dalam belanja oleh-oleh. (Aldo Lim/Ndw)

Loading