Sukses

Midi Utama Bakal Tambah 250 Gerai Baru di 2016 Ini

Liputan6.com, Jakarta - PT Midi Utama Indonesia Tbk (MIDI), perusahaan yang bergelut di bisnis ritel berencana untuk terus mengembangkan jaringan di tahun ini. Perseroan akan menambah 250 gerai Alfamidi dan lima gerai Alfa Supermarket. Namun khusus untuk Lawson, perseroan belum berencana untuk melakukan ekspansi.

Direktur Keuangan dan Corporate Secretary Midi Utama Indonesia Suantopo PO menjelaskan, pengembangan gerai Alfamidi dan Alfa Supermarket akan disesuaikan dengan kebutuhan di daerah. Beberapa daerah memang masih berpotensi untuk terus dikembangkan karena permintaan masih ada. 

"Untuk Lawson tidak karena untuk Lawson itu kan segmented banget. Jadi kami lebih fokus untuk meningkatkan pengelolaan," jelas dia di Cikokol, Tangerang, Banten, Jumat (27/5/2016).

Ia melanjutkan, untuk gerai baru akan lebih banyak dibangun di luar pulau Jawa. Alasannya, pengembangan gerai di pulau Jawa telah dilakukan di tahun-tahun sebelumnya. "Untuk penyebarannya, 40 persen di pulau Jawa dan 60 persen lainnya di luar pulau Jawa," tambah dia. 

Untuk mengembangkan gerai tersebut, perseroan telah menyiapkan anggaran yang cukup besar yaitu mencapai Rp 900 miliar. Namun anggaran tersebut tidak hanya untuk pembangunan gerai baru tetapi juga untuk merenovasi beberapa gerai lama untuk disesuaikan dengan rancangan baru.

Direktur Operasional Midi Utama Indonesia Yohanes Santoso menambahkan, saat ini belum ada rencana untuk melakukan ekspansi ke luar negeri dan belum fokus juga untuk kembangkan bisnis di timur Indonesia karena infrastruktur yang memadai.

Hingga kini, menurutnya, jumlah gerai perseroan secara keseluruhan pada 2015 naik sebanyak 220 gerai, dari sebelumnya 843 gerai di 2014, menjadi 1.063 gerai. "Rinciannya 1.023 gerai Alfamidi, 38 gerai Lawson dan 2 gerai Alfa Supermarket," kata Yohannes.

Loading