Sukses

Studi: Wanita Unggul di Pendidikan, Tertinggal Saat Berkarier

Liputan6.com, Jakarta - Di negara-negara maju, wanita ternyata masih jauh lebih unggul dibandingkan kalangan pria di dunia pendidikan. Data terbaru dari Glassdoor Economic Research, dibantu Llewellyn Consulting menemukan wanita memang unggul di bidang pendidikan tapi jarang menjadi posisi senior di panggung industri dunia.

Melansir laman Business Insider, Kamis (26/5/2016), para peneliti menemukan, meski sebagian besar wanita menonjol saat masih duduk di perguruan tinggi, tapi itu tak berarti mereka memiliki kedudukan sama dengan pria saat memasuki dunia kerja.

Dalam laporan bertajuk `Which Countries in Europe Have the Best Gender Equality in the Workplace?` tersebut, wanita masih tertingal oleh para pria di dunia saat memasuki dunia industri. Di negara-negara maju, terdapat proporsi kerja khusus bagi wanita.

 



Meski begitu, wanita yang lulus dari perguruan tinggi dengan gelar master tercatat lebih banyak dibandingkan para pria. Tetap saja, tingkat pendidikan yang lebih tinggi tidak serta merta menjamin kesetaraan di tempat kerja.

Faktanya, para wanita masih sulit mendapatkan pekerjaan khususnya di tingkat senior. Di seluruh negara maju di Eropa, kurang dari setengah anggota legislatif dan posisi senior di perusahaan yang diisi oleh para wanita.

Di negara maju seperti Swedia dan Norwegia, para pria tercatat masih mendominasi posisi senior di tempat kerja. Di negara-negara maju, jabatan di tempat kerja antara para wanita dan pria terbukti sangat tidak seimbang.

Sementara itu, para wanita masih berpeluang memimpin jika bergelut di bidang kesehatan, hukum, pendidikan, sosial dan profesi lain yang berkaitan dengan kebudayaan. (Sis/Ndw)

Loading