Sukses

4 Tips Tingkatkan Produktivitas Agar Hidup Berubah

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu kunci kesuksesan adalah mampu memanfaatkan waktu dan kesempatan yang datang sebaik mungkin.

Namun seringkali kita terlalu terlena dengan banyaknya waktu yang kita miliki sehingga mengesampingkan pekerjaan yang ada. Pada akhirnya, tingkat produktivitas yang kita miliki pun akhirnya tidak optimal.

Lalu bagaimana caranya agar mampu mengatasi hal ini? Berikut tipsnya, melansir Entrepreneur.com, Rabu (3/2/2016):

1. Pakai metode time blocking

Banyak orang yang lebih memilih untuk membuat to-do-list agar mampu mengetahui pekerjaan apa saja yang harus dikerjakan pada hari itu. Namun seringkali to-do-list itu pun akhirnya tidak pernah terselesaikan dengan baik. Mengapa?

Hal ini karena Anda tidak memberikan batasan waktu terhadap pekerjaan apa saja yang harus Anda selesaikan. Inilah mengapa to-do-list tersebut akhirnya diam bertengger di sudut ruangan meja kerja Anda.

Cobalah untuk menetapkan batas waktu dari masing-masing pekerjaan yang harus Anda selesaikan. Cara ini dikenal dengan nama time blocking. Menerapkan cara ini akan mampu membuat Anda lebih produktif.

2. Lakukan pekerjaan yang paling penting terlebih dahulu

Coba lihat kembali seluruh daftar pekerjaan yang harus Anda selesaikan. Pastilah Anda memiliki beberapa pekerjaan yang memiliki tingkat urgensi lebih besar dibandingkan pekerjaan yang lain.

Jika Anda sudah mengetahui hal ini, cobalah untuk melakukan pekerjaan tersebut terlebih dahulu. Hal ini berguna agar Anda bisa memanfaatkan level energi besar yang Anda miliki untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Menunda untuk mengerjakan tugas paling penting hanya akan membuat jatah pekerjaan Anda menjadi tambah banyak.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya?

3. Berhati-hati dalam multitasking

Banyak orang yang bilang bahwa mengerjakan sesuatu sekaligus (multitasking) hanya akan membunuh produktivitas. Ya, hal tersebut memang benar, tapi bukan berarti Anda tidak bisa melakukan metode ini sesekali.

Anda boleh tetap melakukan beberapa pekerjaan sekaligus, namun sekali lagi harus tetap berhati-hati. Tetap fokuskan pikiran Anda pada pekerjaan utama yang harus Anda selesaikan.

4. Percaya pada proses

Tidak ada orang yang mampu sukses dalam waktu yang instan. Tidak ada orang yang mampu meraup kekayaan begitu besar di waktu yang singkat. Semua pencapaian dalam hidup memerlukan proses yang panjang dalam menggapainya.

Kepercayaan yang tinggi akan proses ini akan mampu membantu Anda untuk menghargai setiap momentum dan kesempatan yang Anda miliki. (vna/nrm)