Sukses

Baru Pertama Kali Bekerja? 8 Hal Ini Bisa Bikin Anda Sukses

Pekerjaan pertama biasanya memberikan banyak pelajaran berharga dalam berkarir. Lakukan 8 hal ini agar Anda sukses berkarir.

Liputan6.com, New York - Bagi sebagian besar pemuda, lulus dari perguruan tinggi memiliki makna khusus, akhir sekaligus awal lain bagi perjalanan hidupnya. Para lulusan baru akan mulai melangkah ke dunia karir, yang membuat dirinya akan berusaha mendapatkan pekerjaan pertama.

Dengan berkarir, para lulusan baru memperoleh peluang untuk bekerja dengan orang-orang atau di perusahaan hebat. Apalagi mengingat pekerjaan pertama biasanya memberikan banyak pelajaran berharga dalam berkarir.

Pekerjaan pertama juga dapat berpengaruh besar bagi karir seumur hidup Anda. Ingin sukses melakukan pekerjaan pertama Anda setelah lulus? Berikut delapan hal yang harus dilakukan seperti dilansir dari laman Enterpreneur, Senin (1/6/2015):

1. Berpikiran terbuka

Bekerja pertama kali dengan berbagai tipe orang dan situasi yang berbeda menuntut Anda untuk berpikiran terbuka. Tawarkan diri Anda untuk berbagai proyek yang menurut Anda menarik.

Berkenalan dengan rekan lain di kantor juga dapat mempermudah langkah Anda saat merintis karir.

2. Punya visi yang jelas

Pastikan Anda dan manajer memiliki pandangan yang sama tentang makna sukses. Prioritas sehari-hari harus sejalan dengan tujuan bisnis secara luas.

Lakukan pengecekan mingguan guna memastikan apa yang Anda lakukan berkontribusi pada kesuksesan perusahaan.

3. Kolaboratif

Setelah bekerja, Anda tak boleh lagi fokus pada kepentingan sendiri. Jika Anda tak bisa bekerja sama, Anda akan mengalami waktu yang sulit saat berusaha mencapai kesuksesan.

Ingat, Anda tak bisa mengerjakan berbagai tugas kantor sendirian. Anda butuh belajar bekerja dalam tim.

4. Sabar

Kesalahan pasti terjadi di sela-sela bekerja. Gunakan masa-masa itu sebagai peluang untuk meningkatkan pengembangan diri.

Anda tak bisa lari dari kesalahan tapi tetap memiliki pilihan untuk bersabar dan meraih banyak pembelajaran.

5. Fleksibel

Bahkan saat Anda tidak menyukai pekerjaan pertama setelah lulus, tetap lakukan dengan baik. Pembuktian bahwa Anda bisa berguna dapat membuat para atasan dan perusahaan menginginkan Anda di tim tersebut.

6. Proaktif

Beberapa orang bertindak untuk mewujudkan keinginannya sementara orang lain hanya berharap mimpinya terwujud. Libatkan diri Anda pada bisnis perusahaan dan bersikaplah proaktif.

Manfaatkan kekuatan dan seluruh kemampuan untuk berkontribusi pada perusahaan dan cari kelemahan pribadi guna mengembangkan diri lebih baik.

7. Rendah hati

Setiap pengusaha sukses tak mewujudkan mimpinya hanya dengan mengandalkan diri sendiri. Dia akan banyak bergantung pada orang lain yang membuat Anda perlu belajar bersikap rendah hati.

8. Memiliki rasa ingin tahu yang besar

Belajar tak pernah ada akhirnya. Tetaplah berada di atas dan lihat apa yang belum Anda pelajari. Ikuti berbagai tren yang membantu bisnis Anda, baca buku dan cobalah belajar hal-hal yang tak Anda minati. (Sis/Ahm)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.