Sukses

Surplus Neraca Perdagangan Beri Imbas Positif Transaksi Berjalan

Neraca perdagangan Indonesia pada Februari 2015 kembali mencatat surplus sebesar US$ 740 juta.

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) menilai kinerja neraca perdagangan Februari 2015 akan berdampak positif terhadap kinerja transaksi berjalan di kuartal I-2015.

"Bank Indonesia memperkirakan struktur neraca perdagangan Indonesia ke depan akan lebih sehat dan semakin mendukung proses pemulihan keseimbangan eksternal Indonesia," ujar Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Tirta Segara, Selasa (17/3/2015).

Dia menyebutkan, neraca perdagangan Indonesia pada Februari 2015 kembali mencatat surplus sebesar US$ 740 juta, relatif stabil dibanding surplus pada Januari 2015 sebesar US$ 750 juta. Pencapaian tersebut ditopang surplus neraca migas maupun nonmigas.

Neraca perdagangan migas mencatat surplus sebesar US$ 170 miliar, lebih baik dibanding bulan sebelumnya yang mengalami defisit sebesar US$ 3 miliar. Surplus neraca migas disebabkan penurunan impor migas sebesar 18,7 persen (month to month), yang melampaui penurunan ekspor migas sebesar 8,8 persen (mtm).

Penurunan impor migas tersebut dipicu oleh turunnya impor hasil minyak dan minyak mentah. Sementara itu, ekspor migas juga mengalami penurunan, disebabkan oleh penurunan ekspor gas dan ekspor hasil minyak.

Meskipun lebih rendah daripada bulan sebelumnya, neraca perdagangan nonmigas pada Februari 2015 masih mencatat surplus sebesar 0,57 miliar dolar AS. Ekspor nonmigas tercatat turun 7,8 persen (mtm) terutama terjadi pada ekspor perhiasan/permata, alas kaki, bahan bakar mineral, serta lemak dan minyak hewan/nabati.

Di sisi lain, ekspor nonmigas untuk kendaraan dan bagiannya mengalami peningkatan. Sementara itu, impor nonmigas juga turun 6,3 persen (mtm), terutama disebabkan oleh turunnya impor mesin dan peralatan mekanik , mesin dan peralatan listrik, serta besi dan baja. (Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.