Sukses

Tips Kelola Kepribadian untuk Kemajuan Karir

Liputan6.com, Jakarta Banyak faktor yang dapat mengganggu kemajuan karir Anda. Sebut saja keterampilan, pengalaman, latar belakang pendidikan hingga penampilan fisik.

Salah satu faktor yang mungkin kurang diperhatikan adalah kepribadian. Dengan memahami bagaimana kepribadian sendiri, terutama apa yang orang lain pikirkan tentang Anda, dapat memanfaatkan kepribadian menjadi faktor yang menentukan dalam kemajuan karir.

Mengelola kepribadian sangat penting, sebab kemajuan karir kemungkinan juga ditentukan oleh cara Anda bergaul dengan atasan, rekan kerja dan klien.

Berikut adalah beberapa saran mengenai mengelola kepribadian untuk kemajuan karir Anda seperti yang dilansir fastcompany.com pada Sabtu (31/1/2015).

Menonjolkan sisi positif

Setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda-beda, baik yang positif maupun negatif. Untuk karir yang lebih baik, ketahuilah sisi positif dari kepribadian karena hal itu dapat menjadi fondasi untuk dapat maju.

Setelah mengetahui sisi positif, maka Anda pun sejak awal dapat memilih karir yang tepat. Misalnya, jika Anda adalah seorang yang percaya diri dan cukup ekstrover, maka karir sebagai public relation sangat cocok untuk Anda.

Meredam sisi negatif kepribadian

Mengetahui sisi negatif dari kepribadian sama pentingnya dengan mengetahui sisi negatif. Sisi negatif dari kepribadian dapat membahayakan relasi Anda dengan orang lain, dan pada akhirnya menjadi ancaman terhadap potensi kemajuan karir.

Bagaimana cara meredam sisi negatif kepribadian? Pertama, Anda perlu mengidentifikasi apa sisi negatif Anda tersebut. Kedua, semua sisi negatif ini justru merupakan manifestasi sisi positif yang berlebihan. Misalnya, rasa percaya diri yang berlebihan menjadi sombong. Karena itu, jangan pernah berlebihan dalam mengekspresikan sesuatu.

Ketiga, sisi negatif biasanya muncul saat sedang stres. Karena itu, cara lain untuk meredam sisi negatif adalah dengan menghindari apapun yang dapat membuat stres.

Singkatnya, memang banyak hal-hal lain yang dapat mempengaruhi kesuksesan seseorang. Tetapi dengan memahami kepribadian dan memanfaatkannya, maka karir yang lebih tinggi bukan tidak mungkin dapat Anda capai. (Rio/Nrm)

Loading