Sukses

5 Jurusan Kuliah yang Bisa Bikin Anda Miskin

Ternyata ada beberapa jurusan kuliah yang dapat mendaratkan Anda pada profesi berpenghasilan rendah dan membuat Anda miskin. Apa saja?

Liputan6.com, New York - Mengecap ilmu pengetahuan di perguruan tinggi seringkali membutuhkan biaya yang sangat tinggi. Itu berarti Anda harus memilih jurusan kuliah yang tepat agar kelak, pekerjaan yang diperoleh dapat membayar seluruh biaya kuliah.

Meski begitu, tak semua jurusan kuliah dapat memberikan Anda peluang kerja yang sama. Jika Anda ingin memiliki penghasilan yang besar di kemudian hari, carilah jurusan kuliah yang kelak pekerjaannya dibutuhkan masyarakat.

Bukan rahasia lagi, kadang jurusan kuliah yang Anda inginkan tak selamanya bisa memberikan profesi berpenghasilan tinggi. Saat ini jurusan yang dapat memberikan pekerjaan tersebut biasanya terkait bidang teknologi.

Sebaliknya, ada juga beberapa jurusan kuliah yang dapat mendaratkan Anda pada profesi berpenghasilan rendah dan membuat Anda miskin. Perhitungan menjadi miskin didasarkan pada akumulasi gaji rendah per tahun dari kemungkinan profesi yang diambil sesuai dengan jurusan kuliah.

Berikut lima jurusan kuliah yang dapat membuat Anda memperoleh pekerjaan berpenghasilan rendah dan membuat Anda miskin seperti dikutip dari The Richest, Senin (15/12/2014):

1. Konseling dan Psikologi

Sangat mengejutkan, bahwa jurusan kuliah yang memungkinkan Anda memperoleh pekerjaan berpenghasilan rendah adalah konseling dan psikologi. Tak hanya lulusan dari jurusan ini memperoleh gaji yang rendah, tapi banyak juga yang akhirnya hanya menjadi pengangguran.

Memang sangat sulit mempercayai bahwa banyak orang membayar mahal untuk mendapatkan pendidikan namun akhirnya bekerja dengan gaji rendah. Terlebih lagi jika tingkat pengangguran dari lulusan jurusan tersebut sangat tinggi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Guru TK

 

2. Pendidikan Guru TK

Kecintaan bekerja dengan anak-anak biasanya muncul sejak usia Anda masih muda. Banyak yang akhirnya mengambil jurusan PGTK agar bisa menjadi guru.

Sayangnya, gaji guru TK saat ini ternyata sangat rendah. Bahkan banyak orang yang menganggap gaji guru TK tak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari selama sebulan.

Padahal beban kerjanya cukup berat karena harus membekali banyak anak kecil dengan pelajaran moral yang berharga. Namun bagi guru yang menikmati pekerjaannya dengan anak kecil, gaji bukanlah kendala untuk mendidik.

3. Drama dan teater

Para siswa di jurusan kuliah ini mengambil jurusan untuk menjadi aktor atau aktris. Sementara saat kuliah, Anda justru akan belajar mengenal karya teatrikal.

Meski terdengar mudah, tapi ternyata jurusan tersebut menguras banyak dan waktu para mahasiswa. Setiap ada pertunjukkan, para siswa tampak kekurangan waktu bebas.

Sayangnya kini banyak pegiat seni yang menggelar pertunjukkan bukan untuk uang, tapi semata demi rasa cintanya pada seni. Tak heran, jika para lulusan dari jurusan tersebut sulit untuk menjadi kaya.

3 dari 3 halaman

Seni rupa

4. Pendidikan guru luar biasa

Bagi orang-orang yang mengambil jurusan komunikasi atau pendidikan bagi siswa luar biasa, Anda tentu harus memiliki kemampuan istimewa. Banyak orang mengatakan, lulusan dari jurusan tersebut dapat melakukan hal yang sangat mulia.

Sayangnya, banyak profesional di bidang ini yang belum mendapatkan gaji sepadan.

5. Seni rupa

Para mahasiswa seni rupa biasanya dapat menjelajahi dunia dengan kreativitas yang dimilikinya. Bahkan setelah lulus, pekerjaannya juga terbilang sangat fleksibel.

Lulusan dari jurusan kuliah yang satu ini bahkan dapat menjamah berbagai bentuk karya seni lewat goresan tangannya. Sayang sekali, para mahasiswa yang lulus dari jurusan ini seringkali bergaji rendah. (Sis/Ndw)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini