Sukses

4 Trik Biar Tetap Rajin Saat Kerja dari Rumah

Liputan6.com, New York - Bekerja dari rumah dapat menjadi hal yang menyenangkan sekaligus menantang. Pasalnya, dengan suasana santai di rumah, Anda dituntut untuk tetap rajin dan menuntaskan seluruh pekerjaan yang ada.

Mengutip laman Technori.com, Kamis (27/11/2014), kini bekerja dari rumah sudah menjadi tren di kalangan pegawai terlebih jika pemilik bisnis menghargai flektibilitas kerja karyawan. Ada beberapa atasan yang menyadari jika produktivitas kerja dapat dibangun di luar kantor.

Tapi jangan salah, bekerja dari rumah juga memiliki tantangan tersendiri terlebih banyak gangguan yang mempengaruhi kinerja Anda. Untuk itu, berikut empat trik biar tetap rajin bekerja dari rumah:

1. Hindari gangguan kerja

Bekerja di rumah memberikan lebih banyak gangguan daripada di kantor. Kulkas penuh makanan, video game, obrolan dengan keluarga di rumah dapat menguras konsentrasi kerja Anda.

Cara terbaik untuk menghindarinya adalah dengan memposisikan satu ruangan sebagai tempat kerja. Bersikaplah seolah Anda sedang berada di kantor dan atasan tengah mengawasi Anda.

Bekerja di ruangan terpisah dapat membuat Anda terhindar dari berbagai gangguan dan mempercepat kerja pribadi.

2 dari 3 halaman

Atur waktu kerja

2. Atur waktu kerja pribadi

Jangan pernah menunda pekerjaan meski Anda melakukannya dari rumah. Patok jam kerja pribadi dan pastikan seluruh pekerjaan tuntas tepat waktu.

Atur waktu kerja pribadi agar Anda memiliki tekanan guna berhenti menunda pekerjaan. Saat bekerja serius, Anda bisa bekerja jauh lebih cepat daripada saat berada di kantor.

Anda juga bisa memberikan hadiah untuk diri sendiri jika pekerjaan dapat tuntas sebelum waktunya. Jangan lupa untuk tetap beristirahat.

3. Jangan akses media sosial

Media sosial online kini banyak membuat pegawai ketagihan. Bahkan sebagian besar jam kerjanya terkuras untuk mengakses media sosial online.

Saat bekerja dari rumah, tuntaskan seluruh pekerjaan dan atur waktu kerja dengan bijak. Ingat, jangan akses media sosial online selain di waktu istirahat.

Hati-hati, godaan mengakses media sosial online lebih besar saat Anda bekerja dari rumah.

3 dari 3 halaman

Motivasi

4. Cari tahu hal yang dapat memotivasi kerja Anda

Sebagai alternatif agar Anda tetap bekerja dengan baik dan rajin meski dari rumah, cari tahun apa saja yang dapat memotivasi anda. Ruangan seperti apa yang dapat menginspirasi Anda juga perlu diketahui.

Anda juga dapat mengatur situasi kerja sendiri agar lebih semangat dan rajin. Bahkan beberapa penelitian membuktikan, lingkungan kerja merupakan faktor utama yang mempengaruhi produktivitas pegawai. (Sis/Ndw)