Sukses

Ini Capaian MS Hidayat Selama Pimpin Kemenperin

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perindustrian (Menperin) MS Hidayat menggelar perpisahan dengan pejabat dan staf di lingkungan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) sebelum secara resmi melepas jabatannya sebagai menteri pada Senin (20/10/2014) mendatang.

Pada kesempatan tersebut, Hidayat menyatakan capaian yang telah dilakukan Kemenperin selama 5 tahun masa kepemimpinannya pada periode 2010-2014.

Pertama, melakukan revitalisasi industri pupuk dengan jaminan alokasi gas sebanyak 370 mmscfd untuk bahan baku beberapa pabrik seperti pabrik Pupuk Kaltim V dan Pusri II-B.

Kedua, revitalisasi industri gula dengan meningkatkan jumlah produksi gula kristal rafinasi (GKR) sehingga saat ini bisa mencapai 2,74 juta ton.

Ketiga, restrukturisasi industri tekstil dan produk tekstil serta alas kaki dengan pemberian bantuan sebesar Rp 569,05 miliar kepada 609 perusahaan sehingga menghasilkan tambahan investasi sebesar Rp 6,44 triliun dan penambahan tenaga kerja 224 ribu orang.

Keempat, pengembangan industri hilir kelapa sawit dengan meningkatkan utilisasi industri minyak goreng dari 45 persen pada 2010 menjadi 70 persen pada awal 2014 serta investasi industri hilir kelapa sawit dengan nilai mencapai Rp 20 triliun.

Dan kelima, pengembangan kawasan industri dengan beroperasinya kawasan industri Palu dan kawasan industri Sei Mangkei.

"Kinerja ini tentunya masih dapat ditingkatkan lagi pada tahun-tahun mendatang," uajrnya dalam sambutan di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta Selatan, Kamis (16/10/2014).

Oleh sebab itu, dia berpesan kepada penggantinya kelak untuk dapat meneruskan dan meningkatkan pencapaian tersebut, dengan dukungan penuh dari pejabat dan staf dilingkungan Kemenperin.

"Saya berpesan, agar siapapun nanti yang akan memimpin Kementerian Perindustrian ini, saudara-saudara tetap mendukung dan membantu sepenuhnya," tandas dia.(Dny/Nrm)

  • Kemenperin atau Kementerian Perindustrian adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan perindustrian.
    kemenperin
  • menperin