Sukses

McDonald's vs Burger King, Perang Perusahaan Makanan Terdahsyat

Perang bisnis antara McDonald`s dan Burger King semakin memanas. Keduanya semakin tak malu-malu untuk menyerang bisnis pesaingnya.

Liputan6.com, New York - Perang bisnis antara dua perusahaan makanan saji ternama dunia McDonald`s dan Burger King semakin panas sejak pertengahan abad ke-20. Meningkatnya ketegangan persaingan bisnis dua perusahaan raksasa ini bahkan semakin terlihat saat pendiri McDonald's Ray Kroc mendeklarasikannya.

Persaingan kian memanas hingga berbagai aksi diluncurkan kedua belah pihak, mulai dari meniru menu makanan hingga menyindir iklan pesaingnya. Dua perusahaan makanan saji ini semakin tak malu-malu untuk menyerang bisnis pesaingnya.

Namun sayang, Burger King mulai goyah di awal 2000-an saat para pemilik dan CEO perusahaan diganti. Stabilitas bisnis yang selama ini dibangun mulai goyah dan membuat Wendy's melesat merebut posisinya.

Meski demikian, Burger King tetap cerdik dalam menangkap berbagai celah dari bisnis McDonald's. Beberapa waktu lalu, Burger King juga sempat disorot karena mengeluarkan menu Big King yang dianggap meniru burger Big Mac milik McDonald's.

Bagaimana pertarungan dua perusahaan raksasa di bisnis makanan cepat saji tersebut? Berikut ulasannya seperti dikutip dari USA Today, Business Insider, Daily Finance, dan The Richest, Selasa (10/6/2014):

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pendapatan Lebih Tinggi?

 

McDonald's vs Burger King, mana yang pendapatan tahunannya lebih tinggi?

 

Hingga Desember 2013, rata-rata pendapatan McDonald's mampu menembus US$ 2,4 juta. Jumlah tersebut berjumlah dua kali lipat di atas rata-rata pendapatan Burger King yang hanya US$ 1,2 juta.

Beberapa laporan menunjukkan, penyebab unggulnya pendapatan McDonald's adalah karena menu sarapan dan 'Happy Meals' yang diluncurkan perusahaan makanan cepat saji tersebut. Melalui menu Happy Meals Burger King mampu meraih lebih banyak pelanggan muda dibandingkan Burger King.

Melalui 'Happy Meals', anak-anak lebih menggilai McDonald's dibandingkan Burger King. Hadirnya menu tersebut juga berhasil meningkatkan volume penjualan McDonald's sebesar 10%.

3 dari 5 halaman

Penyajian Lebih Cepat?

 

McDonald's vs Burger King, mana yang penyajiannya lebih cepat?

Meskipun beberapa tantangan operasional di McDonald's memperlambat layanannya, tapi hingga saat ini, McDonald's tetap lebih efisien dalam penyajian menu pesanan konsumen. Layanan `drive-through` yang ditenggarai McDonald's selalu mampu melayani lebih banyak penumpang mobil di waktu-waktu tertentu.

Selain itu, kecepatan melayani Burger King juga masih kalah dibandingkan McDonald's. Burger King menghabiskan waktu sekitar 198,48 detik untuk melayani satu pelanggan, sementara McDonald's lebih cepat dengan catatan waktu 189,49 detik.

Sejauh ini, program `drive-through` sangat penting karena sebanyak 65 persen penjualannya berasal dari layanan tersebut. Kini McDonald's juga telah menambah akses pemesanan makanannya yang memudahkan dan mempercepat pesanan para pelanggan.

4 dari 5 halaman

Promosi Lebih Mahal?

 

McDonald's vs Burger King, mana yang menghabiskan uang lebih banyak untuk promosi?

Demi menarik lebih banyak konsumen, McDonald's dan Burger King sama-sama menggelontorkan banyak uang untuk biaya pemasarannya. Namun untuk masalah pemasaran dan promosi, McDonald's tercatat menghabiskan biaya lebih besar dibandingkan restoran cepat saji lainnya.

Biaya iklan McDonald's pada 2012 mampu menembus US$ 787,5 juta mengalahkan biaya promosi Burger King yang hanya berjumlah US$ 48,3 juta.

Selisih biaya periklanan tersebut semakin mengecil setelah Burger King mengurangi anggaran iklan dan promosinya tahun lalu. Bahkan Burger King diprediksi akan terus mengurangi jumlah biaya periklanannya hingga 2016.

Berkaitan dengan penurunan biaya promosi tersebut, pihak manajemen menolak untuk memberikan keterangan.

 

5 dari 5 halaman

Mana yang Lebih Enak?

McDonald's vs  Burger King, mana yang kentang gorengnya paling enak?

Baik Burger King maupun McDonald's keduanya sama-sama memproduksi kentang goreng sebagai salah satu produk makanan cepat sajinya. Sejauh ini, pilihan masyarakat dunia jatuh pada kentang goreng McDonald's sebagai yang terlezat.

Lebih dari 2.200 partisipan terlibat dalam survei makanan cepat saji terlezat di dunia. Sebanyak 57% partisipan menyatakan kentang goreng McDonald's jauh lebih enak daripada produk makanan serupa di beberapa restoran cepat saji lain.

Meskipun Burger King telah bertahun-tahun mencoba memperbarui resepnya, tapi rasa kentang goreng McDonald's masih terkenal klasik dan lezat. Dalam survei tersebut, hanya 11% partisipan yang memilih kentang Burger King. (Sis/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.