Sukses

Grup Indofood Incar Penjualan Rp 5 Triliun dari Bisnis Minuman

Liputan6.com, Jakarta Perusahaan patungan minuman non-alkohol antara grup Indofood dengan Asahi Holdings Ltd menargetkan penjualan sebesar Rp 5 triliun pada 2017.


Mengutip dari keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (24/2/2014), perusahaan patungan ini memiliki sejumlah rencana untuk meraih target penjualan itu. Salah satunya dengan meluncurkan produk baru dan mendirikan pabrik.

Adapun grup Indofood masuk ke produk minuman non alkohol ini mengingat bisnis ini mencatatkan pertumbuhan tercepat di Indonesia.

Menurut Canedean, perusahaan consumer market research, pasar produk minuman non-alkohol mencapai lebih dari US$ 8 miliar dan mengalami pertumbuhan double-digit dalam beberapa tahun terakhir.


PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP) dan Asahi Group Holdings Southeast Asia Pte Ltd mendirikan dua entitas patungan yaitu PT Asahi Indofood Beverage Makmur (AIBM) dan PT Indofood Asahi Asahi Sukses Beverage (ISAB).


PT Asahi Indofood Beverage Makmur ini menangani produksi minuman non-alkohol. Sedangkan PT Indofood Asahi Sukses Beverage menangani pemasaran distribusi minuman non-alkohol. Dua perusahaan ini bersama-sama disebut JV Subsidiaries.


Saat ini, AIBM sedang membangun sebuah pabrik baru, dan akan mulai beroperasi pada semester kedua 2014. Sehingga jumlah pabrik akan menjadi 17 termasuk dengan dua pabrik PCIB dan 14 pabrik AMDK.


Untuk mempercepat peluncuran dan pertumbuhan kegiatan usaha minuman non-alkohol, JV subsidiaries telah menyelesaikan transaksi pembelian seluruh saham PT Pepsi-Cola Indobeverages pada September 2013. Saat ini perseroan dikenal dengan nama PT Prima Cahaya Indobeverages, yang merupakan bottler minuman berkarbonasi dan juice dengan merek PepsiCo.


Lalu pada Oktober 2013, JV Subsidiaries dan PT Multi Bahagia (JV Bottle Water) juga mendirikan dua entitas patungan yang masing-masing bertanggung jawab untuk memproduksi serta memasarkan, dan mendistribusikan air minum dalam kemasan.


Untuk mendukung usaha perseroan khusus minuman non alkohol ini,  pada Januari 2014, entitas JV Bottle Water menyelesaikan akuisisi aset dan merek dagang (CLUB) yang merupakan produsen air minum dalam kemasan terbesar nomor dua di Indonesia.


JV Subsidiaries memasuki kategori ready-to-drink tea di Indonesia dengan meluncurkan produk minuman pada Desember 2013. Perseroan berencana untuk meluncurkan produk yang masuk kategori ready-to-drink coffee dan functional pada 2014.

Video Populer Bisnis

Tutup Video