Sukses

Diiringi Ilustrasi Wayang, Obor Asian Para Games 2018 Menyala di SUGBK

Lima sosok terpilih menjadi pembawa obor Asian Para Games 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Lima sosok terpilih menjadi pembawa obor Asian Para Games 2018. Mereka tampil pada upacara pembukaan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Sabtu (6/10/2018).

Sebelum obor dibawa, bendera Asian Paralympic Comittee lebih dulu dibawa ke dalam arena oleh para atlet yang pernah berprestasi di Asean Para Games sebelumnya. Mereka antara lain Tarsilem, Rizal Bagus, dan Setyo Budi Hartanto.

Bendera lalu dikibarkan dan diiringi lagu Paralympic. Sumpah atlet Asian Para Games 2018 berkumandang kemudian di SUGBK, dibacakan oleh Banyu Tri Mulyo, atlet tenis meja.

"Atas nama semua pesaing, saya berjanji bahwa kami akan ambil bagian di Asian Para Games," ujar Banyu.

Ketua Paralimpik Nasional Indonesia, Senny Marbun menjadi orang pertama yang membawa obor Asian Para Games 2018. Dari Senny, obor lalu dibawa oleh Menteri Negara Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi.

Pribadi selaku Sekretaris Jenderal Komite Paralympic Nasional Indonesia menjadi pembawa obor selanjutnya. Dua pembawa obor berikutnya yaitu Soeharto (peraih medali emas FESPIC Games 1977) dan Jendi Panggabean (Peraih lima kali medali emas Asean Para Games 2017).

Ilustrasi wayang menyambut obor yang dibawa Jendi, disusul rentetan kembang api di sekitar area SUGBK.

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sejarah Baru

Dalam sambutannya, Ketua Panitia Penyelenggara Asian Para Games 2018 (Inapgoc), Raja Sapta Oktohari menegaskan Indonesia bertekad menjadi tuan rumah terbaik.

"Kami akan memberikan yang terbaik untuk menjamu para tamu sekalian untuk merasakan keajaiban, keramahan, persaudaraan, maupun kelezatan sentuhan-sentuhan khas Indonesia," kata Raja Sapta.

"Saya ucapkan selamat bertanding dan bertugas kepada semua atlet dan ofisial. Mari kita junjung tinggi nilai-nilai sportivitas," ujarnya menambahkan.

Pembukaan Asian Games 2018 dimulai sekitar pukul 19:00 WIB. Berbagai tarian-tarian yang menampilkan keberagaman Indonesia ditampilkan di SUGBK. Upacara pembukaan juga diramaikan dengan penarikan bendera Merah Putih serta lagu Indonesia Raya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.