Sukses

Peluang Atlet Difabel Berprestasi di Asian Para Games 2018 Jadi PNS

Para atlet yang gemilang di ajang Asian Games 2018 dianugerahi status PNS, lalu bagaimana dengan atlet Asian Para Games yang nanti mampu menorehkan prestasi dalam ajang olahraga internasional itu?

Liputan6.com, Denpasar - Menteri Sosial Agus Gumiwang menegaskan jika persiapan pelaksanaan Asian Para Games 2018 telah rampung. Para sukarelawan juga telah dilatih secara khusus untuk memenuhi segala kebutuhan para atlet yang akan berlaga pada acara tersebut.

"Volunteer dilatih secara khusus. Mereka harus memahami hal-hal apa saja yang menjadi kebutuhan para atlet," kata Agus saat pawai obor Asian Para Games 2018 di Denpasar, Minggu (16/9/2018).

Ia melanjutkan, seluruh fasilitas yang akan digunakan para atlet telah dilengkapi sarana yang sesuai dengan kebutuhan mereka. "Kami dari Kementerian Sosial memastikan semua venue, gedung, baik itu asrama dan lainnya, itu sudah tertata dan ramah disabilitas," katanya.

Pada saat yang sama, ia berharap agar penyediaan fasilitas ramah difabel di ruang publik harus menjadi tekad secara nasional.

"Penyediaan fasilitas ramah disabilitas harus menjadi satu tekad nasional, bahwa saudara kita, penyandang disabilitas itu harus menjadi perhatian. Mereka harus hidup sama nyamannya dengan kita yang tidak menyandang disabilitas," paparnya.

Di sisi lain, Agus mendorong sepenuhnya agar Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi bisa mengangkat para atlet difabel yang berprestasi pada ajang Asian Para Games 2018 sebagai PNS (Pegawai Negeri Sipil).

"Kami men-support untuk hal itu dan juga siap kami tampung sebagai PNS di Kementerian Sosial," tegasnya.

Gagasan itu didukung oleh DPR RI. Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo menegaskan, DPR RI amat mendukung jika kebijakan itu dapat dijalankan. "Itu yang kami harapkan, adanya prestasi dari para atlet kita di ajang Asian Para Games ini. Kami juga di DPR RI mendukung atlet berprestasi penyandang disabilitas menjadi PNS," terangnya.

Hal senada diungkapkan oleh Gubernur Bali, Wayan Koster. Koster berjanji akan menindaklanjuti jika keputusan atlet berprestasi di Asian Para Games menjadi PNS itu nantinya diambil pemerintah. "Kami siap menindaklanjuti adanya harapan agar para atlet berprestasi ini bisa menjadi PNS," ujarnya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.