Sukses

OCA: Jadi Tuan Rumah Asian Games Bakal Untungkan Indonesia

Asian Games 2018 digelar di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Kehormatan OCA, Wei Jizhong percaya Asian Games 2018 bakal punya manfaat besar bagi rakyat Indonesia. Ia juga berharap masyarakat antusias menyambut event empat tahunan ini.

Indonesia sebenarnya menjadi tuan rumah pengganti untuk Asian Games kali ini. Mereka menggantikan Vietnam yang memilih mundur sebagai penyelenggara.

Tak heran sebagian publik pun tak terlalu semangat menyambut Asian Games 2018. Terlebih dana yang dihabiskan Pemerintah untuk membangun infrastruktur sangat besar.

"Jika berbicara soal warisan setelah Asian Games, maka saya yakin warisannya bakal positif. Wisma atlet misalnya, setelah kami berbicara panjang maka nantinya di sana untuk masyarakat berpenghasilan rendah," ujar Wei seperti dilansir SCMP.

"Jika Anda lihat apartemennya, maka ukurannya sangat kecil. Dan saya pikir sangat cocok untuk masyarakat yang membutuhkan," ujarnya menambahkan.

*Update terkini Asian Games 2018 mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga informasi terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di sini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Keuntungan Tuan Rumah

Selain wisma atlet, Wei juga menyebut fasilitas lain yang dibangun untuk Asian Games juga punya banyak manfaat. Salah satunya adalah fasilitas kesehatan di dekat wisma atlet.

"Ada rumah sakit di dekat wisma atlet Jakarta, sementara wisma atlet Palembang sangat dekay dengan klinik. Ini pasti bisa bermanfaat untuk semua," ujar Wei meyakinkan.

"Keuntungan menjadi tuan rumah Asian Games memang tidak secara langsung. Itulah gunanya Pemerintah untuk mengaturnya," ujar Wei menambahkan.

3 dari 3 halaman

Sempat Terhambat

Vietnam mundur dari tuan rumah Asian Games karena tidak punya uang untuk membangun wisma atlet. Akhirnya Indonesia pun bersedia maju dengan mengeluarkan uang hingga 3,2 miliar dolar AS agar Asian Games 2018 sukses.

"Progress Asian Games di Indonesia saya akui sangat lamban pada awalnya. Namun saya menilai sekarang sudah sangat siap."

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.