Sukses

Juara Dunia Renang Asal Tiongkok Incar 5 Medali Emas di Asian Games 2018

Xu Jianyu akan turun di lima nomor dalam Asian Games 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Juara dunia renang dari Tiongkok, Xu Jiayu, bertekad meraih lima medali emas pada Asian Games 2018 yang akan berlangsung di Jakarta dan Palembang 18 Agustus sampai 2 September mendatang.

Pada Asian Games 2014 di Incheon, Xu Jianyu merupakan pendatang baru. Namun, ia tampil mengejutkan saat menjadi runner up pada Olimpiade Rio de Janeiro 2016.

Satu tahun berikutnya pada kejuaraan dunia renang di Budapest, Xu Jianyu menjuarai nomor 100 meter gaya punggung putra. "Saya berharap performa saya lebih bagus dan dapat memecahkan rekor dunia di 100 meter," ucapnya seperti dikutip dari Xinhua.

"Saya juga ingin meraih medali emas sebanyak mungkin di Jakarta nanti, diharapkan sampai lima emas."

"Waktu Asian Games 2014, saya terlalu gugup sehingga penampilan saya kurang bagus ketika itu. Saya banyak belajar dari pengalaman itu, dan juga dari Olimpiade serta kejuaraan dunia. Kini saya lebih percaya diri," tambahnya.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Olimpiade 2020

Tidak seperti perenang Tiongkok lainnya yang banyak berlatih di luar negeri, Xu tetap berlatih di dalam negeri. Ia dibina oleh pelatih lamanya, Xu Guoyi, yang juga pelatih juara Olimpiade dua kali, Ye Shiwen.

"Asian Games seperti sasaran antara bagi kami, dan tujuan utamanya adalah Olimpiade Tokyo 2020," ucap Xu.

3 dari 3 halaman

Lima Nomor

Perenang yang akan genap berusia 23 tahun pada 19 Agustus 2018 itu akan turun di lima nomor. Xu akan tampil pada nomor 50 meter dan 100 meter gaya punggung, 200 meter gaya dada, serta dua nomor estafet. (Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.