Sukses

Asian Games: Atlet 10 Cabang Olahraga di Palembang Siap Jiwa Raga

Seluruh atlet tim Indonesia dari 10 cabang olahraga sudah siap 100 persen bertanding di Asian Games 2018.

Liputan6.com, Palembang - Chef de Misssion (CdM) Tim Indonesia di Asian Games 2018, Komjen Pol Syafruddin menyatakan seluruh atlet tim Indonesia dari 10 cabang olahraga yang akan bertanding pada 12 venue di Palembang sudah dalam kondisi siap sepenuh jiwa dan raga.

"Enam hari menjelang pembukaan Asian Games 2018, sudah ada 6 cabang olahraga yang datang dan berlatih di Palembang," ujar Syafruddin, setelah mengecek satu per satu pelatihan nasional atlet Asian Games di Jakabaring Sport City, Palembang, Sumatera Selatan, Minggu (12/8/2018).

Dalam kunjungan ini, Syafruddin menemui para atlet dan pelatih cabang olahraga menembak, triathlon, bola voli pantai, serta dayung. Untuk dayung, para atlet serta pelatihnya sedang berada di tengah danau sehingga hanya memantau dari kejauhan.

"Alhamdulillah seratus persen atlet kita siap. Tadi ada keluhan soal transportasi. Saya pastikan kedatangan saya untuk menyelesaikan ini semua. Transportasi akan diselesaikan oleh Kapolda. Setiap atlet akan latihan dikawal biar tidak kena macet," ucapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Masalah Transportasi

Atlet triathlon Ketut Widya mengeluhkan soal fasilitas transportasi yang tidak mereka dapatkan. Alhasil, para atlet harus naik taksi online dari hotel ke tempat latihan di Jakabaring.

"Untuk berangkat latihan, kami naik taksi online Pak. Jadi mohon bisa dibantu," kata Ketut yang datang bersama 10 temannya disertai seorang pelatih.

Mendapat keluhan itu, Syafruddin langsung memanggil Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Zulkarnain Adinegara yang kebetulan mendampingi selama peninjauan untuk menyediakan transportasi dan pengawalan para atlet triathlon.

"Psikologi atlet harus dijaga, tidak boleh perjalanan dari hotel ke tempat latihan lebih dari 30 menit. Ini akan diselesaikan Kapolda," ucap Syafruddin menjawab keluhan Ketut dan kawan-kawan.

3 dari 3 halaman

Sarana, Prasarana, dan Keamanan

Selain meninjau latihan atlet, Syafruddin juga memastikan persiapan sarana, prasarana, dan personil keamanan di Palembang telah siap. Menurut data, Polri akan menerjukan 7400 personil untuk mengamankan jalannya pesta olahraga se-Asia tersebut di Palembang.

Jumlah itu belum termasuk cadangan yang disiapkan TNI dan Polri. Selain itu, aparat keamanan juga melengkapi dengan 643 cctv yang dipasang di 97 lokasi dan 11 markas komando, untuk memantau situasi venue serta Kota Palembang saat Asian Games berlangsung, 18 Agustus hingga 2 September 2018 nanti.

"Ya, sebagai wakapolri, saya sekalian mengecek persiapan dan kesiapan pengamanan. Insya Allah, semua sudah matang," ujar Syafruddin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.