Sukses

VIDEO: Siti Aisyah Diduga Pembunuh Kim Jong-nam?

Wanita asal Indonesia, Siti Aisyah diduga terkait dengan pembunuhan Kim Jong-nam, saudara tiri pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un.

Liputan6.com, Kualalumpur - Polisi Diraja Malaysia menangkap dua orang wanita terkait kematian Kim Jong-nam (46), saudara tiri pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un. 

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Jumat (17/2/2017), mereka yang ditangkap yaitu, satu wanita memegang paspor Vietnam bernama Doan Ti Huang, satunya lagi berpaspor Indonesia atas nama Siti Aisyah, kelahiran 11 Februari 1992 asal Serang Banten. 

Keduanya sempat teridentifikasi kamera pengawas CCTV Bandara Internasional Kualalumpur, Malaysia.

Kim Jong-nam tewas, pada Senin, 14 Februari 2017 saat tengah berjalan di area keberangkatan Bandara Internasional Kualalumpur. Ia tewas dalam perjalanan ke rumah sakit. Sebelum meninggal, Kim Jong-nam sempat mengatakan ia diserang menggunakan semacam semprotan kimia. 

Kementerian Luar Negeri telah diperintahkan melakukan pendalaman lebih lanjut. 

"Diduga adalah wanita berpaspor Indonesia. Diduga bersama dengan Vietnam. Tetapi kami sampai hari ini belum mengetahui secara pasti. Tentu kalau itu memang warga kita, kita akan melakukan pendalaman lebih lanjut. Tujuan apa dan kenapa melakukan itu. Kan ini sudah menjadi berita internasional," jelas Sekretaris Kabinet Pramono Anung. 

Siti Aisyah diketahui pernah bekerja sebagai pegawai di usaha konveksi di kawasan padat penduduk, Gang Kacang No 16, Kelurahan Angke, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat, pada 2012 hingga 2014.

Siti Aisyah kemudian menjadi menantu pengusaha konveksi bernama Lian Kiong. Sebelum akhirnya dia diketahui berangkat ke luar negeri untuk bekerja bersama suaminya. Namun seiring waktu berjalan, sang suami pulang ke Indonesia seorang diri.

"Tahu-tahu si Ajun pulang. Jun kenapa sudah pulang. Udah pak, istri saya selingkuh lagi," cerita Rahmat Yustri, Ketua RT 05.

Sementara itu, warga sekitar tidak pernah menduga jika benar Siti Aisyah terlibat dalam kematian Kim Jong-nam.

 

Simak penyelidikan Kemlu atas terduga pembunuh Kim Jong-nam dalam video berikut ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.