Sukses

5 Aplikasi Keamanan yang Bisa Pergoki Maling Smartphone

Lewat lima aplikasi ini, kamu bisa tahu siapa yang sedang mencoba membuka smartphone kamu.

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone saat ini sudah menjadi sebuah kebutuhan mendasar. Maka dari itu, banyak pengembang yang membuat sebuah aplikasi agar pengguna nyaman saat menggunakannya.

Yang jangan sampai lupa diperhatikan adalah faktor keamanan. Saat ini memang sudah ada teknologi sidik jari di berbagai smartphone Android, tapi belum semua orang memiliki fitur tersebut di smartphone mereka. Jadi, mereka hanya bisa memakai pattern atau pola untuk melindungi smartphone mereka.

Masalahnya adalah banyak orang Indonesia yang tidak serius dalam menentukan pola keamanan di smartphone, sehingga hasilnya mudah tertebak. Tentunya, hal itu dapat memberikan kesempatan bagi maling.

Untungnya, mulai ada yang mengembangkan aplikasi keamanan untuk memotret alias memergoki orang yang berani mencoba mengakses smartphone kamu tanpa izin.

Berikut lima aplikasi Android yang dapat memotret wajah orang yang berusaha membuka smartphone kamu tanpa izin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Hidden Eye

Aplikasi keamanan pertama yang Jaka berikan bernama Hidden Eye. Aplikasi ini mampu menangkap foto objek jika ada yang salah membuka kunci password yang sudah diatur oleh kamu sendiri.

Bahkan, aplikasi ini juga mampu mengaktifkan alarm apabila ada orang yang berniat jahat mau mencuri smartphone kamu, kemudian salah memasukkan password lebih dari tiga kali. Patut dicoba, kan?

Cek aplikasi Hidden Eye di sini.

3 dari 6 halaman

2. Third Eye

Selanjutnya, aplikasi security Android yang bisa kamu gunakan adalah Third Eye. Betul, aplikasi ini akan mengambil foto ketika seseorang salah memasukkan kode baik berupa PIN, Pattern, atau Password.

Selain itu, fitur lainnya adalah kamu akan mendapatkan notifikasi yang memberi tahu bahwa smartphone Android kamu sudah dibuka secara paksa, dalam arti kesalahan dalam membuka kunci layar. 

Yang menarik adalah aplikasi ini menunjukkan kapan terakhir kali kamu membuka layar, jadi bila ada yang berhasil membuka smartphone kamu, maka kamu bisa melihat kapan dia melakukannya.

Cek aplikasi Third Eye di sini.

4 dari 6 halaman

3. CrookCatcher

Crook berarti pencuri atau penipu.  Lewat aplikasi bernama CrookCatcher, aplikasi akan bekerja saat seseorang mencoba membuka kuncimu secara paksa, serta menangkap lokasi pencuri yang mengambil smartphone kamu.

Kemudian, aplikasi ini juga akan mengambil gambar pengacau yang sudah mencoba memaksa untuk membuka kunci layar smartphone tersebut. Lalu, foto tersebut akan dikirim ke email yang telah kamu registrasikan beserta lokasi dari smartphone tersebut.

Cek aplikasi CrookCatcher di sini.

5 dari 6 halaman

4. Lockwatch

Aplikasi lainnya yang mampu meningkatkan keamananmu adalah Lockwatch. Aplikasi ini akan membuat kamu tahu di mana lokasi si maling tersebut dan seperti apa wujud rupa dari seseorang yang mencuri smartphone kamu.

Aplikasi security ini akan membuat smartphone Android kamu menjadi semakin aman. Data dari pencuri yang mencoba untuk buka smartphone kamu itu akan dikirim via email. Jadi, itu akan memudahkanmu untuk menemukan ponsel dan maling tersebut.

Cek aplikasi Lockwatch di sini.

6 dari 6 halaman

5. Prey Anti-Theft

Adda pula aplikasi keamanan bernama Prey Anti Theft. Nah, dengan aplikasi tersebut dijamin tingkat keamananmu lebih tinggi.

Memang aplikasi tersebut apa bagusnya? Aplikasi ini bekerja pada semua sistem operasi utama, sehingga kamu akan mampu melacak tindakan ponsel kamu dari suatu tempat. Bahkan, fiturnya juga memberikan kamu detail foto saat ingin mencoba membuka sandi dari layar smartphone.

Cek aplikasi Prey Anti Theft di sini. 

Itulah lima aplikasi yang bisa kamu coba agar membuat orang-orang yang jahil gentar sehingga tak berani macam-macam dengan smartphone kamu.

**Artikel ini merupakan hasil kerja sama Tekno Liputan6.com dengan situs teknologi JalanTikus.com. Untuk informasi mengenai tips dan ulasan teknologi, kunjungi www.jalantikus.com. 

(Tom/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.