Sukses

Hands-On Honor View 10: Pakai AI, Performa dan Kamera Tampil Maksimal

Menjelang peluncurannya di Indonesia, Tekno Liputan6.com berkesempatan mencoba Honor View 10. Seperti apa kemampuan smartphone berteknologi AI ini?

Liputan6.com, Jakarta - Lama tak terdengar kabar, Honor, vendor smartphone Tiongkok akan menyambangi pasar smartphone dunia, tak terkecuali di Indonesia.

Tak tanggung-tanggung, vendor asal Negeri Tirai Bambu ini akan langsung meluncurkan tiga seri smartphone terbarunya di waktu yang bersamaan.

Adapun ketiga seri yang dimaksud adalah dua smartphone kelas menengah, yaitu Honor 7X dan Honor 9 Lite. Sedangkan satunya lagi adalah model premium, yakni Honor View 10. Ketiganya bakal meluncur pada hari ini, Selasa (27/3/2018).

Dari ketiga smartphone itu, Honor View 10 memang terbilang cukup menarik. Tak hanya dari segi tampilan, tetapi juga menggoda dalam hal teknologi di dalamnya.

"Honor View 10 merupakan smartphone berteknologi kecerdasan buatan (AI, Artificial Intelligence) yang tidak hanya pada sisi kamera, tetapi juga di prosesor Kirin 970 yang digunakan," ungkap James Yang, Presiden Honor Indonesia baru-baru ini.

Ya, Honor View 10 adalah flagship smartphone pertama milik perusahaan yang mengusung teknologi AI, Tekno Liputan6.com pun berkesempatan untuk 'bermain' dengan Honor View 10 sebelum peluncuran resminya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Desain

Tampak Bawah. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Dengan embel-embel flagship, wajar bilamana Honor menggunakan bahan metal untuk bodi belakangnya ketimbang menggunakan bahan kaca seperti smartphone buatan vendor lain.

Saat kami memegang smartphone, bodi View 10 tidak licin ketika digenggam dan saat digunakan dalam keseharian.

Honor View 10 hadir dengan layar LCD FHD+ berukuran 5,99 inci beresolusi 1080 x 2160 piksel, dan rasio aspek 18:9.

Berkat bezel layar yang lebih tipis, tampilan di layar perangkat pun terlihat lega. Karena itu, kamu yang suka main gim ataupun nonton konten video di perangkat pun cukup memuaskan.

Tampak Samping Kanan. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Uniknya, bila banyak vendor berlomba-lomba meletakkan sensor sidik jari di bagian belakang perangkat, perusahaan berbasis di Shenzen, Tiongkok ini masih meletakkannya di depan.

Smartphone ini memang tampak elegan dan nyaman untuk digenggam--berkat sudut yang sedikit bulat. Sayang, 'jendolan' kamera utama yang terpasang di belakang perangkat cukup menganggu.

Tak hanya itu, posisinya yang menonjol membuat kaca kamera View 10 sangat rentan dengan goresan.

Tampak Samping Kiri. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Seperti seri smartphone yang lain, kamu akan menemukan speaker grill dan port USB Type C di bawah perangkat bersamaan dengan headphone jack 3.5mm.

 

3 dari 5 halaman

Performa

Uji Coba Main Gim. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Saat kami uji menggunakan aplikasi benchmark, Antutu, View 10 mampu mendapatkan skor 201106.

Honor View 10 merupakan smartphone Android pertama buatan perusahaan yang langsung menggunakan sistem operasi Android Oreo.

Berbekal chipset Kirin 970, dilangkapi dengan RAM 6GB dan memori internal sebesar 128GB, performa smartphone ini terbilang ada di atas rata-rata.

Kami pun menginstal beberapa judul gim yang membutuhkan hardware smartphone mumpuni, adapun judul seperti injustice 2, Modern Combat 5, Iron Blade: Monster Hunter cukup mulus saat dimainkan.

Uji Coba Main Gim. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Hanya saja, analisis lebih rinci tentang kinerja hardware dan bagaimana smartphone menangani beban kerja yang intensif harus dilakukan dengan lengkap dan waktu yang lebih lama. Dua hal tersebut tidak kami dapatkan dengan Honor View 10 saat ini.

Namun, dari hands-on yang singkat ini kami melihat secara langsung bagaimana teknologi AI yang terpasang di Kirin 970 mampu mengoptimalkan hardware ketika menjalankan beragam aplikasi dan fungsi perangkat.

 

4 dari 5 halaman

Kamera

Dual Kamera 20MP dan 16MP. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Selain itu, AI di dalam perangkat pun berfungsi mengoptimalkan dual kamera. Dengan teknologi ini, View 10 hadirkan berbagai macam pengaturan fitur 'cerdas' berdasarkan kondisi cahaya dan skenario.

Ia mampu mengidentifikasi 13 jenis adegan dan objek yang berbeda. Ini tentunya sangat membantu bagi kamu yang suka mengambil gambar dengan smartphone.

Ambil contoh ketika kamu mengambil foto makanan, kamera akan secara otomatis menghadirkan pengaturan optimal untuk mengambil foto makanan yang mampu mengugah selera.

Seperti flagship smartphone lainnya yang menawarkan fitur portrait, Honor juga menghadirkan fitur serupa di dalam seri ini.

Bagaimana hasilnya? Berikut adalah beberapa hasil foto yang kami lakukan menggunakan Honor View 10.

Foto di Luar Ruangan. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Foto di Luar Ruangan. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Hasil Fitur Wide Aperture. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Hasil Fitur Wide Aperture. (Liputan6.com/ Yuslianson)

Sekadar informasi, Honor View 10 mengusung kamera ganda berkemampuan 20MP (Mono) + 16MP (RGB) f/1.8. Sedangkan untuk kamera selfie-nya menggunakan kamera berkemampuan 13MP.

Sayangnya, Honor tidak menyertakan teknologi OIS (Optical Image Stabilization) untuk kamera utamanya.

 

5 dari 5 halaman

User Interface (UI)

Tampilan menu pengaturan kamera Honor View 10. Liputan6.com/ Yuslianson

Seperti disebutkan di atas, View 10 merupakan smartphone pertama Honor yang menggunakan sistem operasi Android 8.0. Di dalamnya, kamu akan menemukan tampilan muka (User Interfice, UI) buatan perusahaan, yaitu EMUI 8.0.

Seperti custom UI yang vendor smartphone lain hadirkan diperangkat mereka masing-masing, UI di View 10 pun 'penuh' dengan beragam fitur.

Salah satu fitur tersebut adalah Gaming Suite. Dengan fitur ini, kamu dapat merekam tampilan layar, mengaktifkan do not disturb (agar tidak terganggu saat main gim), dan tombol yang mampu mengakselerasi performa smartphone saat bermain gim.

Kesimpulan

Honor View 10 secara keseluruhan menawarkan banyak hal yang diinginkan konsumen, dan hanya hadir di smartphone kelas atas.

Dengan label harga kira Rp 6 jutaan, View 10 dapat menjadi pilihan tempat bagi kamu yang mencari smartphone dengan teknologi AI, hardware tinggi, dan harga yang terjangkau.

Akan begitu, masih belum ada smartphone di kelas harga yang sama dengan View 10 yang menghadirkan teknologi AI di pasaran membuat seri ini lebih unggul.

Untuk review lebih dalam lagi, kamu harus bersabar hingga perangkat tersebut menyambangi meja redaksi Tekno Liputan6.com dalam waktu dekat ini.

(Ysl/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.