Sukses

Harga dan Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus

Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus resmi meluncur di Fira Barcelona Gran Via, Spanyol. Berikut ini harga dan spesifikasi lengkapnya.

Liputan6.com, Barcelona - Samsung Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus resmi meluncur di Fira Barcelona Gran Via, Spanyol pada Minggu (25/2/2018) waktu setempat.

Pantauan Tekno Liputan6.com yang turut hadir dalam acara tersebut, ada beragam fitur terbaru yang disematkan pada kedua flagship smartphone terbaru ini.

Mengenai harga Galaxy S9 dibanderol US$ 720 atau sekitar Rp 9,6 juta, sedangkan Galaxy S9 Plus lebih mahal US$ 120 (Rp 1,6 jutaan) atau tepatnya US$ 840 (Rp 11,3 jutaan).

Keduanya bisa di pesan mulai 2 Maret 2018 di pasar Amerika Serikat dan produk akan diterima pembeli pada 16 Maret 2018.

Namun sayang, Samsung belum mengumumkan kapan Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus bisa dipesan di negara lain (di luar pasar Amerika Serikat).

Duo smartphone Samsung ini merupakan penerus dari Galaxy S8 yang melenggang Maret 2017 di New York. Layaknya Galaxy S8, kedua seri Galaxy S9 hadir dengan desain Infinity Display alias bezeless. Bedanya, layar duo Galaxy S9 lebih lebar dengan rasio aspek 18,5:9.

Peluncuran Galaxy S9 dan S9 Plus langsung dibuka oleh Head of IT and Mobile Communications Division Samsung DJ Koh.

Ia mengatakan, Galaxy S9 dan S9 Plus merupakan bentuk dari ide dan passion pengguna telah mengubah semuanya menjadi kenyataan.

"Galaxy S9 dan S9 Plus mengubah hal yang mustahil menjadi bisa. Hari ini, kami mengumumkan smartphone dengan software terkuat, sebuah smartphone dengan kecerdasan yang terintegrasi dan telah tersimplifikasi," kata DJ Koh di panggung.

Soal layar, Samsung Galaxy S9 memiliki layar seluas 5,8 inci dan Galaxy S9 Plus didukung dengan layar 6,2 inci.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Spesifikasi Lengkap

Untuk spesifikasi, duo Galaxy S9 melenggang dengan pilihan prosesor Snapdragon 845 atau Exynos 9810 yang biasanya ditujukan untuk pasar Asia.

Terkait memori, Galaxy S9 dibekali RAM 4GB dengan ruang penyimpanan internal 64GB. Lain lagi dengan Galaxy S9 Plus yang memiliki RAM 6GB dengan pilihan ruang penyimpanan 256GB. Keduanya didukung ruang penyimpanan eksternal melalui slot MicroSD hingga 400GB.

Karena tak memiliki tombol Home, Samsung menghadirkan fitur keamanan fingerprint scanner di bodi belakangnya.

Penempatannya pun berbeda dengan fingerprint pada Galaxy S8. Pada Galaxy S9, fingerprint scanner ditempatkan di bawah kamera utama. Sementara, fitur keamanan lainnya masih sama dengan Galaxy S8, yakni pemindai wajah dan iris scanner.

 

3 dari 4 halaman

Kamera Galaxy S9 dan S9 Plus

Galaxy S9 memiliki kamera utama 12MP dan untuk pertama kalinya, smartphone Samsung seri S, yakni Galaxy S9 Plus memiliki kamera ganda 12MP.

Kedua lensa Galaxy S9 Plus berjenis telephoto dan wide-angle sehingga bisa menghasilkan foto berlatar bokeh atau depth live focus.

Khusus pada Galaxy S9 Plus, pengguna juga bisa menggunakan efek Art Bokeh. Efek bokeh ini memungkinkan blur bisa diubah menjadi bentuk hati, lingkaran, dan lain-lain.

Ada beberapa keunggulan kamera Samsung Galaxy S9 seperti clue yang diunggah Samsung dalam videonya di channel resmi Samsung di YouTube beberapa waktu lalu.

Pertama, kamera smartphone ini dibekali kemampuan dual aperture yang bisa mengadaptasi berbagai kondisi cahaya saat memotret. Dual aperture Galaxy S9 adalah F1.5, yang merupakan bukaan besar untuk mengakomodasi kondisi minim cahaya.

Kehadiran aperture besar (F1.5) pada Galaxy S9 ini merupakan yang pertama kalinya hadir pada smartphone. Tujuannya adalah menghadirkan fotografi low light lebih baik.

Karena kamera Galaxy S9 tidak hanya hadir untuk mengakomodasi fotografi dalam kondisi minim cahaya, Samsung menghadirkan aperture kedua yakni F2.4 pada kameranya agar tetap bisa memotret dalam kondisi cahaya normal.

4 dari 4 halaman

Super Slow-Motion

Keunggulan kedua pada kamera Samsung Galaxy S9 adalah fitur perekaman super slow-motion yang menghasilkan video 960 frame per second (fps) dengan resolusi 1.080 piksel.

Dengan fitur perekaman super slow-motion ini, pengguna Galaxy S9 bisa mengakomodasi pengguna merekam momen yang terjadi cepat menjadi bisa dinikmati dan ditampilkan dengan efek dramatis.

Dengan efek super slow-motion ini, perekaman sebuah momen cepat 0,2 detik bisa menjadi 6 detik.

Selain itu, perekaman dengan efek super slow-motion pada Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus bisa dilakukan secara multi-capture hingga 12 kali.

Keunggulan kamera Samsung yang ketiga adalah adalah kemampuan Augmented Reality (AR) pada kamera yang direalisasikan menjadi AR Emojis.

Dengan AR Emojis, pengguna bisa menjadikan fotonya menjadi emoji dalam bentuk GIF atau stiker. Asyiknya lagi, emoji-emoji ini bisa dikirim ke pesan instan.

Sementara untuk kamera depan Galaxy S9 dan Galaxy S9 Plus sama-sama memiliki resolusi 8MP dengan bukaan f/1.6.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini