Sukses

5 Aplikasi untuk Melacak Laptop yang Dicuri

Berikut adalah 5 (lima) aplikasi yang dapat membantu Anda untuk melacak laptop yang telah dicuri.

Liputan6.com, Jakarta - Pada umumnya, laptop yang kita gunakan memiliki banyak dokumen penting di dalamnya. Biasanya berisikan data-data pribadi yang sangat berharga, seperti dokumen kantor dan lain sebagainya.

Salah satu hal buruk, bila tiba-tiba laptop Anda dicuri oleh orang yang tidak dikenal. Dan parahnya, Anda tidak menyimpan data-data penting di-storage lain. Hal tersebut pastinya akan membuat Anda merasa cemas dan bingung harus berbuat apa.

Berikut adalah 5 (lima) aplikasi yang dapat membantu Anda untuk melacak laptop yang telah dicuri.

1. Prey

Aplikasi pelacak laptop bernama Prey ini tersedia untuk Windows, Mac OS X, Linux dan lainnya. Prey dapat Anda peroleh secara gratis, tetapi hanya untuk 3 perangkat atau fitur utama saja. Untuk perangkat lainya harus mengeluarkan biaya sekitar Rp 65.000 per bulannya.

Aplikasi ini menyediakan tool yang diperlukan untuk membantu Anda menemukan laptop dengan mudah melalui kontrol panel pada website. Dengan demikian, Anda dapat melihat lokasi laptop Anda dengan jelas. Anda juga dapat mengunci dan mencegah akses sang pencuri ke laptop.

Prey juga dapat membantu Anda untuk mengambil gambar candid dari orang yang mencuri laptop dan dapat melihat suasana sekitar pada layar laptop Anda.

Selanjutnya>>>

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Find My Mac

2. Find My Mac

Untuk pengguna produk laptop dari Apple, aplikasi ini dapat diandalkan. Walaupun aplikasi ini memiliki fitur yang lebih sedikit dibandingkan Prey, aplikasi ini dapat berfungsi dengan baik apalagi dapat diperoleh secara gratis.

Untuk mengaktifikan Find to Mac, Anda cukup pilih menu 'System Preference', kemudian iCloud dan centang kotak pada keterangan Find My Mac. Aplikasi ini adalah layanan gratis yang memungkinkan Anda untuk melacak perangkat yang hilang menggunakan iCloud.

 

Selain itu aplikasi ini juga dapat mengunci laptop Anda menggunakan kata sandi, sehingga tidak ada orang yang dapat mengaksesnya kecuali orang tersebut mengetahui kata sandi yang telah Anda buat. Find My Mac bahkan dapat digunakan untuk perangkat Apple lainnya.

3. LockItTight

Kelebihan aplikasi Lockittight adalah dapat memata-matai orang yang mencuri laptop Anda. Dengan demikian, Anda bisa menemukan lokasi oraag yang mencuri laptop dengan mudah.

Anda juga dapat men-screen capture semua kegiatan si pencuri dengan menggunakan webcam yang tertanam di laptop dan Anda dapat melihat situs website yang dibuka.

Aplikasi ini hanya dapat digunakan bagi Anda yang menggunakan laptop berbasis Windows. Untuk versi gratisnya hanya tersedia lima fitur. Bila Anda ingin mendapatkan lebih dari itu, anda harus mengeluarkan kocek sekitar Rp 26 ribu per bulan.

Selanjutnya>>>

3 dari 3 halaman

4. Lojack For Laptop

4. Lojack For Laptop

Lojack merupakan salah satu aplikasi andal untuk melacak dan mencari mobil yang di curi. Kini Lojack memperluas layanan untuk laptop, smartphone, dan tablet. Bila laptop Anda memiliki banyak file penting, Anda dapat mempertimbangkan untuk memasang aplikasi ini pada laptop.

Setelah Anda mengisntal Lojack, perangkat lunak akan terkunci di BIOS yang kompatibel, seperti Windows dan Mac OS X. Aplikasi ini juga dapat menjaga file-file Anda dengan aman, sekalipun orang yang mencuri laptop ingin menghapus semua data di drive. 

Selain dapat mengunci dan melacak laptop, Lojack juga akan mengirimkan tim penyidik untuk mengambil laptop Anda. Jika Lojack tidak dapat menemukan laptop Anda dalam 60 hari ke depan, mereka akan membayar ganti rugi hingga US$ 1.000 atau sekitar Rp 13 juta.

Bagi yang berminat berlangganan aplikasi ini, Anda diwajibkan membayar biaya langganan sekitar Rp 198 ribu per tahun.

5. Undercover

Undercover merupakan salah satu aplikasi yang digunakan untuk Mac. Aplikasi ini mirip dengan Find My Mac, tetapi bedanya aplikasi ini memiliki beberapa fitur tambahan untuk keamanan laptop. Namun sayangnya, Undercover tidak gratis.

Aplikasi Undercover

Anda wajib merogoh kocek mulai dari US$ 49 atau sekitar Rp 637 ribu . Undercover memiliki fitur yang dapat melihat kegiatan si pencuri laptop Anda secara real-time.

(ana/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.