Sukses

Ada Tarian Aceh di Video Terbaru Coldplay

Coldplay memasukkan tarian Aceh dan Jawa di sebuah proyek video lagu Amazing Day.

Liputan6.com, Jakarta - Rakyat Indonesia kini harus berbangga dengan kearifan budaya lokal yang semakin menarik minat para seniman internasional. Belakangan ini, Coldplay memamerkan proyek video untuk lagu "Amazing Day" yang di dalamnya terdapat tarian asal Aceh, Tari Saman.

Dalam video berdurasi 4 menit 42 detik itu, band asal Inggris tersebut juga turut menampilkan pertunjukan Tari Topeng Jawa yang sedang dilakoni oleh dua orang penari di atas panggung. Video terbaru Coldplay itu juga menampilkan berbagai momen bahagia, tempat wisata, serta kebudayaan di seluruh dunia.

Tarian asal Aceh, Tari Saman yang muncul di video "Amazing Day" milik Coldplay. (Facebook - Coldplay)

Diakui oleh band yang terdiri dari Chris Martin, Jonny Buckland, Guy Berryman, dan Will Champion itu, bahwa video tersebut merupakan hasil kiriman dari berbagai fans di seluruh dunia atas permintaan mereka sebelumnya. Fans Indonesia beruntung karena tarian Aceh dan Jawa turut dimasukkan ke dalamnya.

"Pada 19 November 2016, kami memintamu untuk menunjukkan apa yang terjadi di sudut duniamu untuk proyek film Amazing Day. Ribuan darimu telah melakukannya. Berikut film yang telah diselesaikan," tulis Coldplay melalui akun Facebook resmi mereka belum lama ini.

Tari Topeng Jawa yang muncul di video "Amazing Day" milik Coldplay. (Facebook - Coldplay)

Sampai artikel ini dibuat, proyek video yang diiringi lagu dari album A Head Full of Dreams itu telah dibagikan lebih dari 72 ribu kali dan disaksikan sebanyak lebih dari 3,7 juta kali. Tari Saman tak hanya diperlihatkan sekilas, melainkan muncul selama 2-3 detik. Di situ, para penari wanita terlihat melakukan gerakan Tari Saman di sebuah padang rumput.

Pengguna Facebook Aditya Syah Putra berterima kasih kepada Coldplay sembari menunjukkan rasa bangganya atas dimasukkannya dua tarian Indonesia dalam video lagu tersebut. "Indonesia.... Saman and topeng dance tradisional... Thanks coldplay. The best song for this new years," tulisnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.