Wow, Harga Jahe Merah Rp 30 Ribu per Kilogram

on

Liputan6.com, Pandeglang: Harga jahe terutama jahe merah, kini sedang melangit. Di tingkat pedagang pengecer di pasar tradisional Kabupaten Pandeglang, Banten harganya mencapai Rp 30 ribu per kilogram.

"Harga jahe merah mahal, karena sulit mencarinya," kata Ade, pedagang jahe dan bumbu dapur di Pasar Badak Pandeglang, Sabtu (17/3). Ade menambahkan, dalam sehari dirinya hanya mampu membeli 3-4 kg dengan harga asli Rp 25 ribu.

Jahe merah memang banyak dicari masyarakat untuk keperluan minuman atau campuran jamu tradisional. Sementara itu harga jahe biasa atau jahe putih masih sekitar Rp 18 ribu per kilogramnya. Permintaan jahe putih tak hanya dari pembeli perorangan tapi juga dari industri rumahan peracik obat tradisional.

"Jahe putih juga digunakan untuk campuran jamu, selain untuk memasak, tapi karena cukup banyak, harganya tidak terlalu mahal seperti jahe mareh," katanya.

Selain jahe, masyarakat juga mencari kencur yang harga per kilogramnya masih sekitar Rp 17 ribu. Sementara bawang merah per kilogram Rp 14.500. Harga bawang merah turun Rp 2.000. Tak hanya harga bawang merah yang turun. Harga bawang putih juga turun dari Rp 16.500 menjadi Rp 15.000 per kilogramnya. (ANT/Vin)
Suka artikel ini?

0 Comments