Sukses

Perajin Butuh Bantuan Tembus Pasar Ekspor

Dengan kreatifitas yang ada, para kreator bisa merubah limbah menjadi benda seni bernilai tambah tinggi. Namun, peran pemerintah dan perbankan masih dirasa kurang.

Liputan6.com, Jakarta: Kreatifitas dan nilai seni dapat mengubah sesuatu yang tadinya tidak berguna menjadi barang bernilai tinggi. Seperti yang dilakukan Nizar Ayubi, perajin olahan limbah kayu asal Pasuruan, Jawa Timur. Nizar memanfaatkan limbah kayu menjadi berbagai aneka kerajinan, seperti tempat lampu, mobil-mobilan, dan lain sebagainya.

Di dalam negeri, produk Nizar mengincar kota-kota besar di Indonesia dengan produksi yang terbatas. Tapi, pasar luar negeri mempunyai daya tarik tinggi, terlebih harga jual pun bisa lebih baik. "Pasar luar negeri adalah potensi yang paling besar," ucap Nizar dalam sebuah pameran di Jakarta, baru-baru ini.

Tapi, menembus pasar luar negeri selama ini menjadi kendala, terutama bagi pengusaha mikro. "Hanya mampu memproduksi, tidak mampu memasarkan," ujar Nizar. "Itulah peran pemerintah antara pasar dan industrinya."

Kendalan lainnya adalah permodalan. Perbankan swasta dinilai kurang bersahabat dengan pengusaha mikro seperti mereka.(BOG)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini