Sukses

Kerajinan Patung Poliresin

Muchsin, pelaku usaha di bidang kerajinan patung poliresin, saat ini telah mempunyai 42 karyawan. Kini, ia mampu mendapat keuntungan rata-rata Rp 150 juta per bulan dari hasil kerajinan patung tersebut.

Liputan6.com, Jakarta: Kreatif dan ulet memang menjadi kata kunci bagi sebuah kesuksesan dalam menjalankan sebuah pekerjaan. Kata-kata tersebut mungkin yang tepat untuk Muchsin, pelaku usaha di bidang kerajinan patung poliresin. Usaha yang digelutinya dikerjakan dengan semangat pantang menyerah dan dengan modal awal hanya Rp 2 juta. Kini, ia mampu mendapat keuntungan rata-rata Rp 150 juta per bulan.

Pengusaha patung poliserin ini, kini telah mempunyai 42 karyawan di rumahnya di Jakarta. Saat ditemui SCTV, baru-baru ini, Muchsin mengaku, hasil karyanya hingga kini telah mencapai 1.200 jenis. Dua tahun mendatang ia menargetkan dapat memproduksi 3.000 jenis patung lainnya.

Sementara itu, dalam memproduksi kerajian patung tersebut, Muchsin mengaku harus membeli bahan baku berupa resin dan talc dari Cina dan Malaysia. Menurut Muchsin pembelian bahan baku tersebut dengan harga mata uang dolar. Hal itu yang kadang menimbulkan kesulitan baginya karena nilai tukar rupiah terhadap dolar sangat tidak stabil. Akan tetapi, kendala tersebut tak menyurutkan semangatnya untuk terus menjalankan usahanya. Sedangkan untuk memperkenalkan patung buatannya itu, Muchsin mengatakan dirinya harus rajin mengikuti berbagai ajang pameran dan memasukkan produknya ke buku panduan iklan.

Selain itu, lelaki yang merintis usahanya sejak tahun 1992 ini mengaku memasarkan produknya ke beberapa toko di pusat perbelanjaan di Jakarta dan di kota-kota besar di Indonesia, seperti Surabaya (Jawa Timur), Medan (Sumatra Utara), Bandung (Jawa Barat) dan Semarang (Jawa Tengah). Harga patung poliresin buatan Muchsin dijual mulai dari harga Rp 7. 500 rupiah hingga Rp 1 juta.(ZIZ/Winny Arnold dan Yudi Wibowo)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini