Sukses

Cara Mengatasi Kick Starter yang Macet

Kebanyakan motor yang dipasarkan saat ini telah mengadopsi sistem starter elektrik. Alhasil, fitur kick starter jadi sering terabaikan.

Liputan6.com, Jakarta - Kebanyakan motor yang dipasarkan saat ini telah mengadopsi sistem starter elektrik. Alhasil, fitur kick starter jadi sering terabaikan.

Karena jarang dipakai, penyakit yang kerap menghampiri kick starter adalah macet. Tentu saja kondisi seperti ini bisa membuat gusar terlebih jika Anda terburu-buru dan starter elektrik rusak.

Biasanya, kick starter yang macet lantaran komponen yang ada di dalam rumah CVT berkarat. Kondisi ini membuat kick starter tak mau kembali ke posisi awal setelah diselah.

Seperti dilansir Wahana Honda, penyebab kick starter tak mau kembali ke posisi semula bukan karena susunan gir penghubung tangkai slah, namun karena per stopper penghubung mulai berkarat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Mengatasinya

Untuk membuat kick starter bisa berfungsi dengan normal, pemilik kendaraan bisa membongkar terlebih dahulu rumah CVT dan cover pelindungnya.

Setelah itu bersihkan debu menggunakan kuas dan angin kompresor. Saat sudah bersih, olesi gemuk alias grease agar kick starter bisa berfungsi dengan baik dan terhindar dari karat.

Hindari penggunaan oli untuk mendapatkan hasil maksimal dan tak mengotori lantai saat melakukan membersihkan kick starter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.