Sukses

Pawai Obor NKRI Sambut Ramadan di Tegal

Gerakan Sejuta Obor ini diharapkan bisa diadakan setiap tahun di Kota Tegal, terutama saat menyambut bulan Ramadan.

Liputan6.com, Tegal - Berbagai cara dilakukan untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadan. Forum Umat Islam Peduli (FUIP) Tegal, misalnya. Mereka menggelar aksi Sejuta Obor Sambut Ramadan di Alun-alun Kota Tegal, Jawa Tengah, Minggu malam, 21 Mei 2017.

Ketua FUIP Tegal Hadirin Maskha mengatakan, gerakan Sejuta Obor ini diharapkan bisa diadakan setiap tahunnya.

"Kegiatan ini memang baru pertama digelar, semoga bisa diadakan setiap tahun sebelum bulan Ramadan," ucap Nadirin yang juga pengurus daerah Muhammadiyah Kota Tegal.

Nadirin berharap kegiatan ini bisa menjadi salah satu cara untuk memperkokoh umat, sekaligus membawa iklim yang nyaman dalam menjalankan ibadah di bulan puasa.

Adapun nyala obor mengandung makna dalam membakar kedengkian, nafsu syirik, dan serakah, serta perbuatan yang tidak baik, sehingga puasa bisa lebih sempurna.

Aksi sejuta obor atau lilin menyambut Ramadan digelar di Alun-alun Kota Tegal, Jawa Tengah. (Liputan6.com/Fajar Eko Nugroho)

Ratusan obor tersebut dibawa oleh anggota kepolisian, TNI, Banser, Pemuda Muhammadiyah, dan santri lainnya dalam sebuah formasi bertuliskan NKRI atau Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ratusan obor itu menarik perhatian pengunjung Alun-alun Kota Tegal. Hal itu membuat ruang publik tersebut dipenuhi ribuan manusia yang ingin menyaksikannya perayaan menyambut Ramadan. "Ini bisa menjadi sarana kebersamaan yang akhirnya dapat memperkuat NKRI," kata Nadhirin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.