Sukses

Tes Kesehatan Hari Kedua, Darah dan Urine Para Calon Akan Diambil

Seluruh hasil tes kesehatan terhadap ketiga paslon selama dua hari yang dilakukan oleh tim dokter akan diserahkan ke KPU Daerah.

Liputan6.com, Medan - Tiga pasangan bakal calon gubernur dan wakil gubernur Pilkada Sumut 2018 kembali menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik, di Jalan Bunga Lau, Kota Medan. Kali ini merupakan hari kedua pemeriksaan kesehatan.

Ketiga pasangan bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah (Edy-Ijeck), Jopinus Ramli Saragih-Ance Selian (JR Saragih-Ance), dan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus (Djarot-Sihar) hadir di RSUP Haji Adam Malik sekitar pukul 08.00 WIB.

Ketua Tim Pemeriksa Kesehatan Pilkada 2018 dr Ramlan Sitompul mengatakan, pada pemeriksaan kali ini, ketiga pasangan calon akan diperiksa kondisi kesehatan secara medis. Pemeriksaan mulai dari kesehatan mata, penyakit dalam, sampai pengambilan sampel darah, dan urine.

"Ketiganya dilakukan pengambilan darah dan tes urine di Gedung Paviliun RSUP Haji Adam Malik," kata dr. Ramlan, Jumat (12/1/2018).

Dia menjelaskan, pada hari pertama tes kesehatan kemarin, Kamis, 11 Januari 2018, ketiga pasangan calon Pilkada 2018 hanya dominan tes psikologi. Untuk hari kedua ini tes kesehatan ketiga paslon lebih dominan benar-benar kepada kesehatan.

"Hari ini ada dari Badan Narkotika Nasional. Juga akan dilakukan USG. Intinya semua bagian tubuh paslon diperiksa," ucap Ramlan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hasil Akan Diserahkan ke KPU

Nantinya, seluruh hasil tes kesehatan terhadap ketiga paslon selama dua hari yang dilakukan oleh tim dokter akan diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut. Kemudian hasil rapat pleno KPU Sumut yang akan menentukan lulus atau tidaknya pasangan calon dari tes kesehatan tersebut.

Divisi Teknis KPU Sumut Benget Silitonga menyebut, ada tiga aspek yang akan dinilai dalam tes kesehatan terhadap ketiga paslon yang akan maju dalam Pilkada Sumut 2018. Ketiga aspek tersebut adalah psikologi, kesehatan, dan narkotika.

"Kami informasikan, nantinya keputusan bersifat mengikat dan final. Semua aspek yang ditentukan harus dipenuhi oleh pasangan calon," tegasnya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.