Sukses

Anies Baswedan Bagi Tips Menangkan Pilkada ke Kader PKS

Menurut Anies, setidaknya ada 2 hal yang bisa digunakan sebagai strategi dalam memenangi pertarungan pilkada.

Liputan6.com, Jakarta Fraksi PKS di DPR menggelar Rapat Akbar Pimpinan Fraksi PKS se-Indonesia. Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini menjelaskan, Rapat Akbar digelar untuk konsolidasi dan menyamakan langkah Fraksi PKS dari pusat hingga daerah untuk meraih kemenangan partai di Pemilu 2019.

Rapat Akbar yang berlangsung di Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta Pusat ini juga dihadiri calon Gubernur (cagub) DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan.

"Saya hadir di sini memenuhi undangan sekaligus berbagi beberapa catatan, pengalaman pilkada di Jakarta yang mungkin akan bisa bermanfaat bagi pilkada di 2018, karena akan ada 171 pilkada di bulan Juni 2018," ujar Anies, Kamis 27 April 2017 malam.

Menurut Anies, dari pengalamannya mengikuti Pilkada DKI Jakarta, ada beberapa hal yang bisa diambil hikmahnya, termasuk melihat bahwa demokrasi di Indonesia sudah semakin matang.

"Ketika menjelang pilkada di Jakarta kemarin, begitu banyak yang mengatakan suasananya tegang, mencekam, ada kekhawatiran macam-macam, ternyata semua yang pesimis kecewa karena tidak ada suasana tegang. Semuanya tenang, aman, damai," ucap Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini menyebut, setidaknya ada dua hal yang bisa digunakan sebagai strategi dalam memenangkan pertarungan pilkada.

"Disiplin dan membangun organisasi secara terencana. Jadi organisasi itu memang organisasi pemenangan yah, itu kerjanya bertahap," kata dia.

Organisasi pemenangan tersebut, lanjut Anies, yang penting mencapai pada titik optimalnya di minggu-minggu saat dilangsungkannya pilkada.

"(Organisasi pemenangan) tidak boleh terlalu awal, tapi juga tidak boleh terlambat. Ketika puncak itu tercapai, maka insyaallah ikhtiar kemenangan akan bisa sampai," terang dia.

Anies sendiri merasa mencapai puncak pilkada pada Februari.

"Saya ingat di bulan November Desember itu banyak yang ngecek survei angkanya rendah, memang persenelingnya belum masuk ke fase berikutnya," tutur Anies.

"Nah sering kali kita terburu-buru ingin cepat tinggi, tapi mempertahankan yang tinggi itu lebih sulit. Lebih baik bertahap dan sampai di puncaknya pada saat yang tepat," kata Anies.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia

    Anies Baswedan

  • Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama
    Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama

    Pilkada DKI 2017

  • PKS

  • pilkada

Video Terkini