Sukses

Alasan SBY Tak Dampingi Agus Yudhoyono Saat Pidato Kekalahan

Berdasarkan hasil quick count, paslon Agus Yudhoyono - Sylviana Murni berada di urutan terakhir.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tak mendampingi Agus Harimurti Yudhoyono saat menyampaikan pidato kekalahannya usai hitung cepat (quick count) hasil Pilkada DKI 2017, Rabu malam, 16 Februari 2017.

Padahal, SBY hadir di posko pemenangan Agus-Sylvi di Wisma Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat.

Menanggapi itu, Juru Bicara Partai Demokrat Rico Rustumbi mengatakan, ada beberapa alasan SBY tak mendampingi Agus. 

"Pak SBY sangat menghormati Mas Agus dan Mpok Sylvi sebagai cagub dan cawagub untuk memberikan konpers. Pak SBY sebagai ketua umum juga sangat menghormati mereka sebagai sosok yang sangat kesatria untuk menyampaikan langsung kepada rakyat Jakarta, relawan, simpatisan dan koalisi partai pengusung," kata Rico di lokasi, Rabu 15 Februari 2017.

Meski tak ikut mendampingi Agus Yudhoyono, SBY mengikuti rapat dengan para petinggi Partai Demokrat membahas Pilkada Serentak 2017, yang diikuti partai berlambang mercy tersebut.

"Rapat bersama kader Demokrat termasuk yang datang dari daerah. Konsolidasi untuk pilkada serentak dan evaluasi, dan memberikan semangat untuk tetap bekerja keras untuk mempersiapkan pilkada 2018," tandas Rico.

Putra sulung SBY, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi calon Gubernur DKI Jakarta 2017 didampingi Sylviana Murni. Pasangan ini diusung Demokrat, PPP, PAN, dan PKB. Berdasarkan hasil hitung cepat, dari tiga pasangan cagub dan cawagub DKI, Agus-Sylvi berada di posisi terakhir memperoleh 16,7 persen suara.

 

* Saksikan quick count Pilkada DKI Jakarta 2017 pada 15 Februari 2017

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Agus Yudhoyono merupakan anak sulung Susilo Bambang Yudhoyono, kini mencalonkan diri menjadi Gubernur DKI Jakarta
    Agus Yudhoyono merupakan anak sulung Susilo Bambang Yudhoyono, kini mencalonkan diri menjadi Gubernur DKI Jakarta

    Agus Yudhoyono

  • Agus Yudhoyono dan Sylviana Murni adalah pasangan calon nomor urut satu untuk Pilkada DKI Jakarta 2017
    Agus Yudhoyono dan Sylviana Murni adalah pasangan calon nomor urut satu untuk Pilkada DKI Jakarta 2017

    Agus Sylviana

  • Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama
    Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama

    Pilkada DKI 2017

  • SBY