Sukses

MUI: Kami Tak Berpihak di Pilkada DKI Jakarta 2017

Pernyataan MUI netral ini diungkapkan setelah majelis itu mengomentari soal pernyataan Ahok, bakal calon petahana di Pilkada DKI Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Iklim Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017 memanas. Terlebih dengan adanya ucapan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang mengutip salah satu ayat dalam Alquran. Majelis Ulama Indonesia (MUI) turut menyoroti hal itu. Namun, MUI membantah telah berpihak ke salah satu poros dalam Pilkada DKI 2017.

"MUI tidak ada poros pilkada. Orangnya boleh pilih mana aja. Bisa dilihat warna MUI ada banyak," kata Ketua MUI KH Maruf Anim, di Jakarta, Kamis (13/10/2016).

"MUI ada banyak macamnya, ada Cikeas (AHY), Kertanegara (Anies), Kebagusan (Ahok)," lanjut Maruf.

Sebelumnya, MUI pernah menyampaikan pendapat terkait ucapan Ahok terkait sebuah surat. Namun, dia menegaskan, MUI tidak melakukan intervensi dalam penyampaian pendapat itu. MUI hanya ingin mengemukakan pendapat sebagai ulama.

"Tugas MUI menjaga umat dan negara. Tidak ada tekanan intervensi mengeluarkan pernyataan ini. Itu semata-mata sikap keagamaan," tutup Maruf.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • MUI adalah lembaga independen yang mewadahi para ulama, zuama, dan cendikiawan Islam untuk membimbing, membina, dan mengayomi umat Islam di

    MUI

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

Video Terkini