Sejarah

Academy Awards atau yang lebih dikenal dengan Piala Oscar merupakan penghargaan film Amerika yang sudah diselenggarakan sejak 1929. Piala Oscar menjadi upacara penghargaan yang paling tua di industri hiburan.

Awalnya, Academy Awards dibuat oleh Louis B. Mayer, pendiri Louis B. Mayer Pictures Corporation. Pada acara tersebut, Academy Award dibagi menjadi dua belas kategori. Para pemenangnya diumumkan tiga bulan sebelum acara langsung tersebut.

Pemenang piala Oscar dipilih oleh 6.124 anggota perfilman yang punya hak pilih. Kini, Siaran langsung acara Piala Oscar bisa disaksikan di 225 negara. Sampai saat ini, Academy Awards sudah memberikan 2.947 Piala Oscar kepada para insan perfilman terbaik.

Quotes Louis B. Mayer “The idea of a star being born is bushwa. A star is created, carefully and cold-bloodily, built up from nothing, from nobody. Age, beauty, talent, least of all talent, has nothing to do with it. We could make silk purses out of sows' ears every day of the week.”

Asal Mula Piala Oscar

Pada tahun 1920an, Patung Oscar dibuat menyerupai bentuk tubuh aktor Emilio Fernandez. Dia direkrut Kepala Artistik Studio MGM saat itu, Cedric Gibbons. Fernandez diminta berpose tanpa busana agar pematung George Stanley bisa mengambil postur tubuhnya.

Piala Oscar memiliki berat sebesar 3,8 kg dengan tinggi 34,3 cm. Setiap Piala Oscar dibuat dengan tembaga, nikel, perak, dan dilapisi emas 24 karat. Hingga saat ini, Piala Oscar dicetak dan diproduksi setiap bulan Januari oleh RS Owens & Company.

(Referensi: http://www.bintang.com/celeb/read/2447152/kisah-dibalik-piala-oscar?source=search)



Sebelum dikenal dengan sebutan Piala Oscar, piala patung emas ini dikenal dengan sebutan “The Golden Trophy” dan ”The Iron Man”. Nama “Oscar” lalu muncul saat seorang pustakawan Academy, Margaret Herrick, mengatakan jika patung ini mirip pamannya yang bernama Oscar.

Venue

  1. Roosevelt Hotel Hollywood

    1929

    Pada tanggal 16 Mei 1929, Hotel Hollywood Roosevelt menjadi saksi perhelatan Academy Awards yang pertama. Awalnya, acara ini hanya terdiri dari sebuah makan malam pribadi dengan tiga puluh enam meja besar. Uniknya, setiap partisipan yang hadir harus membayar tiket sebesar $5. Academy Awards yang pertama tidak dipublikasikan di media radio dan TV, bahkan acara ini hanya berlangsung selama 15 menit saja.

  2. Biltmore Hotel

    1930 - 1943

    Selama tahun 1930-1943, perhelatan Academy Awards diselenggarakan di Biltmore Crystal Ballroom. Tapi, sebelum menjadi tempat untuk ajang Academy Awards, tempat ini juga menjadi saksi terbentuknya organisasi “Tha Academy” di tahun 1927.

    Biltmore Crystal Ballroom memiliki langit-langit 30 kaki yang dilukis dengan tangan dan lampu Austria-kristal. Balkon lantai dua yang mengelilingi ballroom menawarkan sudut pandang yang indah untuk melihat segala yang terjadi di bawah.

  3. Grauman's Chinese Theater Hollywood

    1944 - 1946

    Academy Awards ke 16 diselenggarakan di Grauman’s Chinese Theater atau yang sekarang dikenal dengan TCL Chinese Theater. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Academy Awards diadakan di area publik dalam kapasitas yang besar. Sebelum acara berlangsung, pihak Academy akan memberikan tiket gratis untuk 1.944 untuk orang-orang terpilih.

    Grauman’s Chinese Theater dibangun pada tahun 1927 dengan desain Cina yang mengesankan. Kini, tempat ini bahkan memiliki hampir 200 selebriti cetakan tangan, jejak kaki dan tanda tangan diabadikan dalam beton.

  4. Shrine Auditorium Los Angeles

    1947-1948, 1988-1989, 1995, 1997, 1998, 2000, 2001

    Shrine Auditorium Los Angeles menjadi salah satu tempat yang dipercaya untuk menyelenggarakan acara Academy Awards. Shrine Auditorium bahkan menjadi tempat kebanggaan untuk film Titanic. Karena di tempat ini, Titanic berhasil membawa 11 Piala Oscar sekaligus pada tahun 1998.

    Memiliki desain Moorish Revival yang sangat unik membuat Shrine Auditorium menjadi tempat yang sangat mengagumkan. Apalagi, Shrine Auditiorium memiliki proscenium yang memuat 3.000 kursi di balkon.

  5. Academy Award Theater

    1949

    Di tahun 1949, Academy Awards diselenggarakan di Academy Award Theater. Untuk kali pertama, acara ini dilangsungkan di ‘kandang’ Academy. Banyak juga kejadian yang bersejarah di ajang ini, seperti film non-hollywood Hamlet yang berhasil memenangkan Best Picture dan Best Actor.

  6. Hollywood's Pantages Theater

    1950-1960

    Pada tahun 1950, Academy Awards diadakan untuk pertama kalinya di Teater Pantages di Hollywood. Terletak di persimpangan ikonik Hollywood dan Vine, Teater Pantages dirancang oleh arsitek B. Marcus Priteca dan teater terakhir yang dibangun oleh vaudeville impresario Alexander Pantages. Di tempat ini pula, untuk pertama kalinya Academy Awards disiarkan di Televisi pada tahun 1953.

  7. Santa Monica Civic Auditorium

    1961-1968

    Academy Awards ke 33 diselenggarakan di Santa Monica Civic Auditorium pada tahun 1961. Dibangun pada tahun 1958, Santa Monica Civic Auditorium dirancang oleh arsitek terkenal Welton Becket. Bangunan ini terbuat dari beton bertulang dan menciptakan konsep gabungan antara teater, hall konser, dan auditorium untuk pameran.

    Dipandu oleh Bob Hope, Santa Monica Civic Auditorium menjadi saksi kemenangan film The Apartment untuk kategori Best Picture. Kemenangan ini juga membuat film The Apartement menjadi film hitam-putih terakhir yang memenangkan Piala Oscar.

  8. Dorothy Chandler Pavilion Los Angeles

    1969-1987, 1990-1994, 1996, 1999

    Merayakan Academy Awards ke 41, pihak Academy memutuskan untuk menyelenggarakan acara di Dorothy Chandler Pavilion Los Angeles. Paviliun ini merupakan rumah bagi Los Angeles Opera dan Glorya Kaufman Presents Dance.

    Di tempat inilah, ajang Academy Awards akhirnya disiarkan di seluruh dunia. Saat itu, sekitar 200 negara sudah bisa menonton ajang penghargaan untuk insan terbaik di bidang perfilman.

  9. Kodak Theater / Dolby Theater Hollywood

    2002-2017

    Tahun 2002 hingga sekarang, akhirnya Academy Awards diselenggarakan di Kodak Theater atau yang sekarang dikenal dengan Dolby Theater. Teater ini dirancang oleh David Rockwell dari Grup Rockwell, dan Konsultan Teater Proyek khusus dengan Oscar. Memiliki kapasitas tempat duduk hingga 3.332 orang, panggung ini menjadi salah satu yang terbesar di Amerika Serikat.

    Uniknya, di dalam Dolby Theater terdapat pintu masuk Grand Staircase yang terhubung ke Pusat Hollywood dan Highland. Di sana terdapat olom menampilkan nama-nama pemenang dari Academy Awards untuk Best Picture sejak 1927-1928, dengan ruang kosong yang tersisa untuk pemenang Film Terbaik masa depan sampai abad ke-21.

Fakta Unik Pemenang Oscar

  • Terdapat satu film semi pornografi yang pernah memenangkan piala Oscar, yaitu “Midnight Cowboy”, yang memenangkan Best Picture pada 1969. Film ini disutradarai John Schlesinger, dibintangi Dustin Hoffman dan Jon Voight.

    Bhanu Athaiya menjadi orang India pertama yang memenangkan piala Oscar untuk Desain Kostum lewat film “Gandhi”. Film garapan Richard Attenborough itu menyabet 7 piala Oscar, termasuk Film Terbaik dan Sutradara Terbaik.

    Charlie Chaplin hanya pernah memenangkan satu piala Oscar kompetitif selama hidupnya, dalam kategori Best Original Score untuk film “Limelight”. Dia juga mendapatkan dua piala Honorary Awards.

    Ada dua aktor yang pernah memenangkan piala Oscar setelah meninggal. Keduanya berkewarganegaraan Australia, yaitu, Peter Finch sebagai Aktor Terbaik di film “Network”, dan Heath Ledger meraih Aktor Pembantu Terbaik di film “The Dark Knight”.

  • Spirited Away berhasil menjadi anime pertama yang memenangkan Oscar pada tahun 2002 dalam kategori Film Animasi Terbaik.

    Meryl Streep menjadi aktris paling sering dinominasikan di Piala Oscar. Sebanyak 19 kali dengan memenangkan 2 piala Oscar untuk Aktris Terbaik Oscar di film Sophie Choice (1983) dan The Iron Lady (2012), serta 1 piala untuk Aktris pendukung Terbaik di film Kramer vs Kramer (1980).

    Katharine Hepburn menjadi aktris yang berhasil memenangkan Piala Oscar sebanyak 4 kali. Ia berhasil menjadi Aktris Terbaik berkat aktingnya di film On Golden Pond (1981), The Lion in Winter (1968), Guess Who’s Coming for Dinner (1967), dan Morning Glory (1933).

    Marlee Matlin menjadi aktris tunarungu pertama yang memenangkan Oscar pada kategori Aktris Terbaik, untuk perannya di film Children of a Lesser God tahun 1987.

  • Walt Disney menjadi peraih Piala Oscar terbanyak dengan perolehan 22 Piala Oscar dan 2 penghargaan kehormatan.

    Tatum O’Neal menjadi aktris termuda yang memenangkan Piala Oscar. Ia menerimanya saat berumur 10 tahun. Ia berhasil memenangkan kategori Aktris Pendukung Terbaik untuk film “Paper Moon” pada 1974.

    Piala Oscar pertama diberikan kepada Emil Jannings. Ia terpilih menjadi Aktor Terbaik lewat aktingnya di The Last Command dan The Way of All Flesh.

    Aktor tertua yang menerima penghargaan Oscar adalah Christoper Plummer. Ia berusia 82 tahun ketika menerima penghargaan Aktor Pendukung Terbaik di tahun 2012.

  • 23 tahun menunggu, akhirnya Leonardo Dicaprio mendapatkan Piala Oscar pertamanya di tahun 2016. Ia berhasil keluar sebagai pemenang kategori Aktor Terbaik berkat aktingnya di film The Revenant.

    Film yang paling banyak menyabet Piala Oscar adalah The Lord of the Rings: The Return of the King—11 piala dari 12 nominasi, Titanic – 11 piala dari 14 nominasi, dan Ben Hur – 11 piala dari 13 nominasi.

    Berkat aktingnya di film The Defiant Ones, Sydney Poitier berhasil menorehkan prestasinya di dunia perfilman. Ia berhasil menjadi orang kulit hitam pertama yang memenangkan Piala Oscar di tahun 1964 untuk kategori Aktor Terbaik.

    Di tahun 2010, Kathryn Bigelow menjadi perempuan pertama dalam sejarah Oscar yang menerima penghargaan sebagai sutradara terbaik untuk filmnya The Hurt Locker.

  • Best Supporting Actress
  • Best Supporting Actress
  • Best Actress
  • Best Actor
  • Best Director