Liputan6

#GerhanaMatahariTotal

BERITA GMT 2016

Kapan & Dimana

Indonesia, 9 Maret 2016

Lokasi Waktu Mulai
Mukomuko, Bengkulu 06:20 WIB
Palembang, Sumsel 06:20 WIB
Koba, Kepulauan Babel 06:20 WIB
Tanjung Pandan, Kepulauan Babel 06:21 WIB
Sampit, Kalteng 06:22 WIB
Palangkaraya, Kalteng 06:23 WIB
Balikpapan, Kaltim 07:25 WITA
Palu, Sulteng 07:27 WITA
Poso, Sulteng 07:28 WITA
Luwuk, Sulteng 07:30 WITA
Ternate, Malut 08:36 WIT
Maba, Malut 08:36 WIT

Ikuti Kuis Selfie Gerhana Matahari Total 2016

Dapatkan hadiah menarik untuk 3 foto paling unik dengan mention Twitter @liputan6dotcom, sertakan hashtag #GerhanaLip6

#GerhanaMatahariTotal

ilustrasi proses gerhana matahari total

Gerhana Matahari terjadi ketika Bulan berada pada fase bulan baru saat Bulan berada di antara Matahari dan Bumi sehingga bayang-bayang Bulan akan jatuh ke permukaan Bumi atau dengan kata lain cahaya Matahari terhalang oleh Bulan. Tetapi tidak semua area akan mengalami gerhana, hanya area di Bumi yang dilewati oleh bayang–bayang Bulan yang akan mengalami gerhana.

Gerhana Matahari Total (GMT) terjadi pada saat piringan Bulan sama dengan piringan Matahari atau tampak lebih besar dari piringan Matahari akibat variasi jarak Bumi — Bulan dan perbandingan diameter sudut Matahari terhadap diameter sudut Bulan yang juga bervariasi. Piringan Bulan akan tampak lebih besar dari piringan Matahari saat posisi Bulan dan Matahari berada di posisi terdekat dengan Bumi.

ilustrasi matahari bulan dan bintang

Hanya Terjadi di Indonesia

GMT 2016 sangat istimewa bagi Indonesia. Kita adalah satu-satunya negara daratan yang dilewati dan bisa menyaksikan fenomena alam langka ini. Tidak ada negara lain di dunia yang bisa melihatnya. Setelah melewati Indonesia, GMT 2016 masuk wilayah perairan Samudera Pasifik.

9 Pusat Pengamatan Dunia

Meski GMT 2016 bisa disaksikan di 12 Provinsi, hanya 9 titik yang dipilih menjadi pusat pengamatan, yaitu: Jembatan Ampera, Palembang; Pulau Bukulimau; Pantai Tambak; Bukit Tangkiling; Gumbasa, Palu; Desa Kalora, Poso; Parigi Moutong; Desa Tomoli; Pulau Plum, Maluku Utara.

Momen Wisata Akbar

Pemerintah bekerja sama dengan LAPAN menjadikan GMT 2016 tanggal 9 Maret, yang bertepatan dengan Hari Raya Nyepi, sebagai momen akbar. Daerah yang dilalui GMT 2016 juga menyiapkan beragam paket menarik. Hasilnya, tingkat reservasi hotel sudah naik tajam di banyak daerah.