Sukses

Pemilik Mobil Wajib Tahu 7 Indikator Ini

Meskipun mobil tidak bisa berbicara, mobil dilengkapi dengan panel instrumen yang dilengkapi berbagai indikator.

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda pemilik mobil, memahami setiap bentuk informasi yang diberikan oleh mobil adalah wajib hukumnya. Meskipun mobil tidak bisa berbicara, mobil dilengkapi dengan panel instrumen yang dilengkapi berbagai indikator.

Indikator yang ada di panel instrumen perlu untuk dipahami. Sebab, beberapa tanda peringatan lampu indikator memberikan pertanda penting untuk keselamatan dan kenyamanan selama berkendara.

Banyaknya lampu indikator yang berbentuk simbol ini mungkin membuat Anda bingung. Apalagi bagi para pengemudi pemula.

Ada tujuh indikator yang wajib diketahui di antara banyaknya panel-panel yang ada di panel instrumen mobil. Dikutip dari situs resmi Nissan, berikut arti dari indikator tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Tanda Temperatur

Bila tanda ini menyala artinya mesin anda terlalu panas, dan hal ini bisa membuat mesin mati. Yang harus dilakukan adalah matikan AC, radio, serta sistem lainnya. Menepilah dan telepon bantuan mekanik untuk memperbaikinya. Bila ingin menambahkan cairan pendingin, jangan langsung membuka radiator saat itu juga. Tunggu 30 menit hingga suhu radiator lebih dingin, agar cairan panas serta uap tak menyembur mengenaimu.

 
3 dari 8 halaman

2. Tanda Tekanan Oli

Sesuai dengan simbol pada indikator, jika indikator ini menyala artinya mesin sedang kekurangan oli. Hal ini bisa membuat mesin cepat rusak dan membuat kinerja mobil semakin kurang optimal. Sebenarnya, hanya perlu menambahkan oli untuk masalah ini. Namun, bisa saja ada penyebab lain yang menjadi sumber masalah ini. Jika sudah menambahkan oli tapi indikator tetap menyala, maka segera hubungi mekanik.

 

4 dari 8 halaman

3. Tanda Check Engine

Tanda ini sebenarnya menunjukkan beragam hal yang menjadi sumber masalah pada mobil. Bisa jadi karena penutup bensin yang tak cukup erat atau mungkin bisa karena ada komponen mesin yang butuh diganti. Bila tanda ini menyala, jangan panik. Otolovers bisa langsung datang ke tempat service untuk mengidentifikasi dan memperbaiki masalah pada mobil.

5 dari 8 halaman

4. Tanda Tekanan Ban

Tanda ini akan menyala bila tekanan ban pada salah satu atau beberapa roda di mobil berkurang. Jika kurang, maka biisa berakibat pada borosnya penggunaan bahan bakar hingga menyebabkan kecelakaan akibat ban terselip di jalanan yang basah. Sesegera mungkin pergilah ke SPBU atau kembali ke rumah jika hal itu terjadi. Namun, perlu diingat, ban yang kempes bila digunakan terlalu jauh atau terlalu cepat akan rusak secara permanen.

 

6 dari 8 halaman

5. Tanda Tangki Bahan Bakar

Indikator ini yang paling familiar diantara indikator lainnya. Benar, jika indikator ini menyala artinya Otolovers harus segera menuju SPBU untuk mengisi bahan bakar. Biasanya tanda ini akan menyala ketika isi tangki tersisa seperdelapannya.

 

7 dari 8 halaman

6. Tanda Baterai

Jika tanda ini menyala, menandakan kondisi baterai atau aki mobil ada yang salah. Kesalahan bisa terjadi karena kabel yang dipasang kurang bagus, aki yang sudah rusak atau alternator yang butuh diperbaiki. Bila hal ini terjadi, maka tidak ada cara lain selain mengganti komponen tersebut.

 

8 dari 8 halaman

7. Tanda Sabuk Pengaman

Segera gunakanlah sabuk pengaman saat tanda ini menyala. Jangan pernah lalai dengan keamanan berkendara hanya karena malas memasangnya. Ingatkan juga untuk setiap penumpang agar menggunakan sabuk pengaman dengan tepat.

Indikator-indikator tersebut bisa membantumu selama berkendara agar tetap aman dan selamat. 

Sumber : Otosia.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.